Sawit, RSPO serukan kolaborasi

Majalah Agrina - Edisi 271
23 Februari 2018

Majalah Agrina - Edisi 271

RT14, kolaborasi wujudkan sawit berkelanjutan. / Foto : Try Surya Anditya

Agrina
Asosiasi RSPO, Roundtable on Sustainable Palm Oil, menggelar pertemuan tahunan rutin ke 14 (RT14) November silam. Dalam sam butannya, Datuk Darrel Webber berujar, RSPO mendorong para pemimpin perusahaan dan para pembuat ke bijakan untuk meng ambil langkah yang tepat.

“Pihak LSM dan akademisi juga kami desak bergabung untuk memastikan ekosistem sawit yang efektif dan berkelanjutan,” tutur CEO RSPO itu dalam RT14 yang berlangsung di Hotel Shangri La Bangkok, Thailand. RT14 mengusung tema “Learning to Li ve Together: From Vision to Transfor - mation”.

Tema ini bermaksud mendorong para pemangku kepentingan untuk saling berbagi pengetahuan dan keahlian. Saling bekerjasama dinilai lebih baik ketimbang bersaing untuk menjadi yang paling berkelanjutan. Komitmen Sawit Berkelanjutan.

Dalam RT14, pria yang sebelumnya menjabat sebagai Sekjen RSPO itu mengatakan, kemitraan inklusif menjadi sangat penting pada setiap tahap. “Kami merangkul konsep transformasi pasar dengan komitmen tidak meninggalkan siapapun atau mana yang lebih berkelanjutan.

Para pemangku kepentingan harus lebih berpartisipasi untuk meningkatkan efektivitas,” terang Webber. Skema sertifikasi, lanjutnya, dapat dipastikan memberikan manfaat terhadap keberlanjutan. Visi tersebut dapat terwujud asalkan melalui kerjasama yang kuat dan aksi bersama-sama.

Dalam konferensi ditekankan juga isu-isu sosial yang terjadi di wilayah penghasil minyak kelapa sawit. Terkait de ngan kontrak kerja, isu gender, kesehatan dan keselamatan kerja serta semua hal terkait. Termasuk bagaimana seluruh rantai pasokan dan peran para pemangku kepentingan dalam industri sawit untuk dapat memberi kontribusi dalam mengatasi persoalan yang timbul.

Majalah Agrina dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI