Teknologi Italia untuk kemakmuran dunia

Majalah Agrina - Edisi 283
23 Februari 2018

Majalah Agrina - Edisi 283

Eima Agrimach, lokomotif pameran alat dan mesin pertanian untuk pasar Asia. Indonesia patut mencontoh kerjasama Italia dan India dalam mengembangkan alat dan mesin pertanian. / Foto : SYATRYA UTAMA

Agrina
Filosofi Italia sangat bagus. “Bagaimana mereka (Italia) memberikan anggaran mereka, supaya pertanian dunia itu modern. Italia berpikir untuk kemakmuran dunia. Kalau dunia makmur, maka produk-produk Italia akan laku di pasar,” kata Susno Duadji, Chairman Grup Aldeos, salah satu anggota delegasi dari Indonesia yang datang ke Eima Agrimach, 7-9 Desember 2017 di India.

Pameran alat dan mesin pertanian di kampus Indian Agricultural Research Institute (IARI), Pusa, New Delhi, ini terselenggara berkat kerjasama Federation of Indian Chambers of Commerce and Industry (FICCI) dan FederUnacoma (Italian Agri cultural Machinery Manufac turers Federation).

Sebanyak 300 perusahaan traktor, pemanenan (combine harvester), mesin pengolah lahan, sistem irigasi, pompa, komponen, aksesori, dan suku cadang memamerkan keunggulannya di Eima Agrimach yang ke-5 itu. “Kami membawa teknologi ke seluruh petani di dunia untuk memperbaiki hasil dan nilai mereka melalui efisien si berkat mekanisasi,” kata Maurizio Martina, Menteri Pertanian Italia, pada pidato pembukaan pameran alat dan mesin pertanian itu, Kamis, 7 Desember 2017.

Selama tiga hari, pameran ini dikunjungi sekitar 42 ribu orang petani dan pelaku agroindustri, meningkat empat persen ketimbang pameran di tempat yang sama dua tahun lalu. Sekitar 6.000 dari pengunjung tersebut berasal dari 40 negara. “Pameran berbagai produk ini untuk petani dan pebisnis pertanian,” ujar Alessandro Malavolti, Presiden FederUna coma, pada pameran tersebut.

Majalah Agrina dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI