Tampilkan di aplikasi

Membidik target 140 ton/ha

Majalah Agrina - Edisi 299
13 Mei 2019

Majalah Agrina - Edisi 299

Penambahan produktivitas menawarkan keuntungan lebih bagi petani dan pabrik gula. / Foto : DOK. AGRINA

Agrina
Peluang bisnis tebu dan gula masih menjanjikan. Buktinya, sudah ada tiga investor pabrik gula (PG) baru yang berani menggelontorkan dana triliunan rupiah. Ketiganya sudah beroperasi. Padahal, menurut Ditjen Perkebunan, Kementan, pemerintah tengah mendorong berdirinya 10 PG baru.

Para pemain baru ini membidik produktivitas tebu minimal 80 ton/ha. Bahkan Menteri BUMN Rini M. Soemarno pun sejak tahun lalu mendorong PG-PG pelat merah untuk berproduksi 100 ton/ha.

Untuk mencapai produktivitas setinggi itu, bisa dimulai dengan memilih varietas unggul. Salah satu sumber bibit unggul adalah Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia (P3GI). Menurut Dr. Lilik Koesmihartono Putra, Direktur P3GI varietas-varietas hasil rakitan para peneliti di instasinya berpotensi hasil rata-rata di atas 100 ton/ha dan rendemen hingga 12%.

“Hanya saja realisasi di lapangan 80-90 ton. Masalahnya ketika tebang, muat, dan angkut serta proses olah banyak losses (kehilangan). Di Jawa terutama, potensi di kebun tinggi, tapi jarak kebun tebu dengan PG jauh. Kalau dulu ada pewilayahan, misal PG di Kediri ya ambil tebu dari Kediri saja.

Sekarang nggak ada lagi. Tebu Banyuwangi bisa digiling di Kediri. Tebu nya jalan-jalan, jadi banyak losses. Belum truknya ngantre dan efisiensi pabrik,” paparnya di sela seminar “Pupuk dan Meka nisasi di Perkebunan” yang digelar PT Riset Perkebunan Nusantara di Jakarta, 4-5 April 2019.

Padahal semakin lama tebu masuk ke pabrik, semakin menurun nilai rendemen nya. Agar hasil gulanya optimum, tebu harus memenuhi kriteria bersih, masak, dan segar. “Maksimal 2 x 24 jam sudah harus di olah,” imbuh Lilik yang sebelumnya menjabat Kepala Bidang Penelitian P3GI.
Majalah Agrina di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI