Tampilkan di aplikasi

Riset mengangkat produktivitas dan kualitas produk perkebunan

Majalah Agrina - Edisi 299
13 Mei 2019

Majalah Agrina - Edisi 299

Kopi Indonesia dikategorikan sebagai specialty coffee. / Foto : Windi Listianingsih

Agrina
Mengonsumsi kopi, kakao, dan teh telah menjadi gaya hidup masyarakat melampaui batasan umur dan jenis kelamin. Agar komoditas perkebunan itu mampu memenuhi permintaan pasar, pemerintah mendorong penuh pengembangan riset dari sisi hulu hingga hilir untuk menghasilkan produk berkualitas tinggi dan berdaya saing di pasar global. Apa saja yang dilakukan?

Riset Mendalam

Menurut Darmin Nasution, Menteri Koor dinator Bidang Perekonomian, komoditas perkebunan tidak hanya berpeluang melahirkan lapangan usaha tetapi juga menciptakan pengusaha yang dapat membangun sektor perkebunan dalam jangka panjang. Namun, sektor perkebunan hanya akan tumbuh optimal jika diikuti pengembangan riset. Darmin mengakui, perkebunan milik perusahaan besar sudah ditopang riset mendalam namun produk perkebunan berbasis kerakyatan masih minim dukungan penelitian.

“Akan menjadi kerugian tersendiri jika di sekitar perkebunan rakyat tidak ada pengembangan riset yang biasa dikembangkan oleh perusahaan besar dan pemerintah tidak mengambil langkah untuk mengisi kekosongan ini.

Karena itu, kami terus mendorong pengembangan riset untuk komoditas perkebunan,” ulasnya saat memberikan sambutan pada acara Cocho Tea Night and Fun sebagai rangkai an Seminar Pupuk dan Mekanisasi di Perkebunan di Jakarta, Rabu (4/4). Saat ini pe ngembangan riset di sektor perkebunan masih berpusat pada benih, pengolahan, dan budidaya.

Lebih jauh Darmin mengupas, kinerja komoditas kopi nasional pada 2018 menmencapai 1,24 juta ha dengan produksi 722.461 ton. Potensi ini menjadi harapan besar mengingat kualitas kopi Indonesia dikategorikan sebagai specialty coffee (kopi khas). Yakni, kopi berkualitas yang telah melewati proses sesuai standar mulai dari hulu ke hilir. Dengan begitu, pemerintah bersama pelaku usaha harus mengoptimalkan penguatan sisi hulu dan hilir perkebunan kopi nasional.
Majalah Agrina di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI