Peternak rakyat juga bisa ekspor

Majalah Agrina - Edisi 302
8 Agustus 2019

Majalah Agrina - Edisi 302

Ir. Jenny Soelistiani, MM, sertifikasi NKV sebagai kebutuhan

Agrina
Ir. Jenny Soelistiani, MM bukan orang baru di dunia peternakan di Lampung. Ia sudah malang-melintang melakoni usaha perunggasan selama hampir 30 tahun. Selain mengembangkan usaha, sarjana peternakan jebolan Universitas Gadjah Mada (UGM) ini juga berkiprah dalam paguyuban pengusaha unggas, mulai dari Pinsar, Forte hingga PPN.

Jenny menjabat sebagai Ketua Pinsar Petelur Nasional (PPN) Wilayah Lampung periode 2018-2023. Ia juga dipercaya menjadi salah satu ketua mendampingi ketua Presidium PPN Pusat, Yudianto Yosgiarso untuk periode kepengurusan 2019-2024. Berjuang Bersama Dilihat dari silsilah keluarga, Jenny memang turunan peternak.

Bapaknya, Purnomo Subagio merupakan peternak unggas pionir di Malang, Jawa Timur tahun 1980. Bahkan, Jenny merasa terpanggil masuk Fakultas Peternakan UGM karena merupakan anak sulung dari tujuh bersaudara yang semuanya perempuan, sebagai penerima estafet usaha peternakan rintisan orang tua.

“Saat itu niatnya untuk melanjutkan usaha yang sudah dirintis orang tua,” ujar Jenny kepada AGRINA. Setelah menyelesaikan kuliah, Jenny urung mengurus pe ternakan orang tua karena keburu di boyong suami ke Kota Metro, Lampung. Saat itu ayah mertua yang membuka usaha toko sarana unggas (poultry shop) di Metro, menderita sakit. Di kota ini Jenny bersama suami mulai merintis usaha peternakan layer.

Majalah Agrina dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI