Tampilkan di aplikasi

Produksi tinggi tanpa merusak lingkungan

Majalah Agrina - Edisi 304
10 Oktober 2019

Majalah Agrina - Edisi 304

Pengelolaan teknologi pengendalian pirit dan OPT terpadu di lahan rawa.

Agrina
Sekitar 30 tahun mendatang, produksi pangan dunia harus meningkat 70% atau rata-rata naik 4%-5% setiap tahun selama 20 tahun. Itu tantangan berat termasuk bagi Indonesia yang harus me menuhi kebutuhan pangan 319 juta jiwa pendu duknya pada 2045. Produksi pangan kita wajib tum buh minimum 6% setiap tahun secara konsisten.

Tahun ini Kementerian Pertanian (Kementan) memasang target produksi padi 84 juta ton gabah kering giling (GKG). Sementara sampai September 2019, data produksi Badan Pusat Statistik (BPS) berdasarkan metode Kerangka Sampel Area (KSA) baru menyentuh angka 46,94 juta ton GKG atau setara dengan 26,91 juta ton beras.

Masih cukup jauh memang Perlu Bekerja Sama Terlepas dari tercapai atau tidak target tahun ini, pemerintah dan masyarakat tani tetap harus konsisten untuk mengejar produksi yang melimpah. Untuk mewujudkan pasokan pangan berkelanjutan, menurut Bungaran Saragih, Indonesia harus me - ning katkan produksi dan produktivitas dengan cara dan metode yang ramah lingkungan.

Namun tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga mengun tung - kan bagi petani. Karena itu perlu perpaduan tekno - logi organik, hayati, dan non-organik atau teknologi yang mengandalkan agrokimia. Bungaran berpendapat, teknologi organik dan ha - yati akan menjadi komponen utama dari pemba - ngunan sistem agribisnis kelanjutan.

“Ini realitas baru bagi organik dan hayati. Walaupun kita lihat organik dan hayati belum bisa menggantikan 100% tekno - logi agrokimia yang sudah lama dan besar yang dikuasai oleh organisasi dan bisnis besar. Karena itu jangan dipertentangkan, kita harus mencari rekon - siliasi karena salah satu ciri berkelanjutan itu adanya jalinan harmoni antara ini semua,” ulas pakar agribis - nis ini dalam seminar “Pengendalian Pirit, Wereng pertanian mengungkap tentang anggaran subsidi pupuk (Tabel 1) dan bantuan alat dan mesin perta - nian (alsintan) 2020
Majalah Agrina di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI