Tampilkan di aplikasi

Kiat sukses budidaya lele lintas generasi

Majalah Agrina - Edisi 317
1 Desember 2020

Majalah Agrina - Edisi 317

Manajemen SDM dan budidaya yang tepat bisa menghasilkan keuntungan bagi pembudidaya. / Foto : Windi L

Agrina
Permintaan lele marinasi yang meninggi tentu harus diikuti suplai bahan baku sesuai permintaan paninggi tentu harus diikuti suplai ermintaan lele marinasi yang me - sar. Apa saja cara yang dilakukan pembudi daya lele lintas generasi agar bisa panen optimal? Manajemen SDM dan Budidaya H. Usman, pembudidaya lele di Depok, Jabar menuturkan kiat sukses budidaya lele dengan membenahi manajemen sum ber daya manusia (SDM) dan budi daya secara bersamaan. Awalnya, Usman mengandalkan orang lain untuk menge lola kolam yang dipimpin mandor. Ia meng ubah sistem itu agar pembudidaya mitra bisa berhubungan langsung dengannya.

Pemilik CV Vatra Agro Mandiri, produsen lele segar dan olahan lele ini juga me - rombak kolam budidaya dari sebelumnya kolam tanah menjadi semen. Saluran air diperbaiki serta dibangun tandon inlet dan outlet untuk keluar-masuknya air.

Usman bekerja sama dengan 10 mitra yang mengelola sekitar 100 kolam. Selan itu, ada mitra tidak langsung yang men - capai 200-an kolam. Sepuluh mitra itu masing-masing mengelola 12-13 kolam dengan waktu panen seminggu sekali.

Padat tebar kolam sekitar 300 ekor lele/m3 dari mulanya 100 ekor/m3. Benih yang ditebar ukuran 11–12 cm/ekor dan dipe - lihara maksimal 3,5 bulan atau 15 minggu untuk panen di ukuran 7–10 ekor/kg.

Normalnya, pria kelahiran 4 Januari 1962 ini bisa memanen 6 ton lele/hari. Sejak Corona melanda Indonesia dan diterap - kan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), penjualan lele anjlok 40%. Se - hingga, produksi menyesuaikan jadi 4 ton/hari lantaran suplai benih lele juga drop. “Jadi diumumin pandemi, kok bibit juga kurang. Saya minta kirim 200 ribu ekor datangnya 150 ekor. Minta 150 ribu, datangnya 100,” jelasnya.
Majalah Agrina di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI