Kini saatnya kereta dasar laut

Majalah airmagz - Edisi 37
14 Maret 2018

Majalah airmagz - Edisi 37

Kereta cepat bawah laut ala India ini akan menjadi yang pertama di dunia dan fenomenal.

airmagz
Cina pernah membuat geger penduduk dunia dengan proyek pembangunan terowongan bawah tanahnya yang dianggap terbesar dan terpanjang di dunia. Dengan total panjang sekitar 1.000 kilometer, terowongan yang nantinya menghubungkan Tibet dengan Provinsi Xinjiang (Cina) itu sudah mulai dibangun sejak tahun 2012.

Seolah tak mau kalah, Negeri Hindustan alias India sejak September 2017 lalu juga telah membuat gempar seisi penduduk dunia dengan rencana layanan kereta cepat terbarunya yang dianggap tak biasa. Bila kereta-kereta cepat bawah tanah yang ada di Cina, Jepang, Swiss, dan negara-negara lainnya merayap di dalam terowongan bawah tanah, justru kereta milik India ini nantinya akan meluncur di dasar laut.

Gilanya lagi, bila biasanya dinding-dinding terowongan khusus kereta bawah tanah berbahan beton, lapisan pada tunnel bawah laut ala India ini nantinya akan dibuat transparan agar para penumpang kereta bisa melihat berbagai mahluk hidup yang ada di bawah laut di sepanjang perjalanan. Ini tentunya akan sangat istimewa. Tak bisa dibayangkan seperti apa proses pengerjaan proyek raksasa yang biayanya diperkirakan menelan sekitar US$14,676 juta atau setara dengan Rp190 triliun ini.

Pembangunan jalur yang panjangnya mencapai 508 km untuk menghubungkan Kota Mumbai dengan Ahmedabad (dua kota pusat perdagangan baru di India) ini rencananya akan dilakukan di akhir tahun 2018. Harapannya, dengan kereta berkecepatan maksimum 350 km/jam, jarak yang membentang antara Mumbai dan Ahmedabad akan bisa ditempuh hanya dalam waktu 2,5 jam. Padahal, rute tersebut selama ini ditempuh selama tujuh jam dengan menggunakan kereta darat.

Majalah airmagz dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI