Tampilkan di aplikasi

Dubai International Airport, ganti counter check-in dengan aquarium virtual

Majalah airmagz - Edisi 33
14 Maret 2018

Majalah airmagz - Edisi 33

Sesuatu yang “mencurigakan” sedang direncanakan oleh pengelola Dubai International Airport. / Foto : contenidosteinelde

airmagz
Menurut General Civil Aviation, Dubai International Airpor t adalah bandara tersibuk di dunia dalam hal lalu lintas penumpang internasional, dengan lebih dari 80 juta pelancong melewatinya tahun lalu.

Demi memaksimalkan pelayanan kepada pengunjungnya, Dubai International Airport menyiapkan langkah keamanan baru, yakni mengganti pemindai lama dengan alat pendeteksi yang lebih canggih: sistem pemindai biometrik dalam bentuk terowongan aquarium virtual untuk mempermudah proses boarding para penumpang.

Terowongan aquar ium vir tual ini mengadopsi teknologi biometrik, yakni sebuah sistem pencocokan wajah, iris (selaput bola mata), atau sidik jari dengan database tersimpan, yang akan menggesar budaya check-in tradisional atau secara manual.

Teknologi pemindai wajah ini memindai iris mata dan ciri khas fisik penumpang saat mereka bergerak. Dengan demikian, penumpang dapat menyelesaikan proses boarding dengan lebih mudah dan cepat.

Fitur baru bandara ini merupakan hasil dari pemikiran panjang tim manajemen Dubai International Airport dalam mempermudah kinerjanya. “Kami telah bekerja selama sekitar empat tahun untuk mengubah prosedur dari gaya tradisional menjadi lebih futuristik, sehingga kita tidak lagi membutuhkan counter check-in,” ujar Obaid Al Hameeri, Deputy Director General of Dubai Residency and Foreign Affairs, kepada The National.
Majalah airmagz di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI