Tampilkan di aplikasi

Dramatisnya musim gugur di Tohoku

Majalah airmagz - Edisi 32
14 Maret 2018

Majalah airmagz - Edisi 32

Penampakan daun-daun yang warnanya memerah keemasan di saat musim gugur adalah sebuah daya tarik tersendiri. Momen-momen dramatis semacam itu bisa mudah Anda temui di Tohoku, Jepang. / Foto : en-aomori.com

airmagz
Wilayah Tohoku adalah sebutan bagi daerah paling utara dari Pulau Honshu, pulau terbesar di Jepang. Kata tohoku sendiri berasal dari bahasa Jepang yang berarti “timur laut”, karena terletak di timur laut Pulau Honshu. Wilayah Tohoku sendiri terdiri dari enam prefektur, yakni Akita, Aomori, Fukushima, Iwate, Miyagi, dan Prefektur Yamagata.

Tohoku merupakan daerah kekuasaan terakhir Suku Ainu di Pulau Honshu dan tempat terjadinya banyak peperanganpada masa lalu. Tidak seperti kota besar Tokyo, wilayah Tohoku mempertahankan reputasinya sebagai wilayah yang menjaga erat nilai-nilai tradisionalnya dan memiliki pemandangan yang indah.

Bagaimana tidak indah? Status geografis Tohoku membuktikannya. Liha saja, Tohoku dikelilingi Laut Jepang, Samudera Pasifik, dan Selat Tsugaru di tiga sisinya. Sedangkan pegunungan Ou dengan ketinggiannya hingga 2000 meter berjajar dari utara ke selatan di tengah wilayahTohoku.

Selain dihiasai Pegunungan Ou, Tohoku juga diramaikan dengan jejeran gunung-gunung lainnya, seperti Pegunungan Kitakami, Gunung Abukuma, Gunung Dewa, dan Gunung Echigo. Keberadaan Tohoku dengan gununggunungnya juga dipermanis oleh keberadaan sungai-sungai yang meliuk di antara kaki-kakinya, seperti Sungai Kitakami dan Sungai Abukuma.

Ada juga spot-spot tempat pemandian air panas alami yang menjadi salah satu daya tarik utama Tohoku. Wilayah Tohoku merupakan wilayah yang sangat besar, karena hampir sepertiga luas wilayah Pulau Honshu dimiliki Tohoku. Meski demikian, tidaklah sulit untuk mencapai wilayah-wilayah di Tohoku, karena setiap prefektur memiliki bandara dan stasiun kereta api cepat
Majalah airmagz di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI