MiG, si ganas asal Rusia

Majalah airmagz - Edisi 31
14 Maret 2018

Majalah airmagz - Edisi 31

Sejak muncul di akhir 1930-an, MiG mampu menggebrak dunia. / Foto : static.rcgroups.net

airmagz
MiG adalah nama perusahaan manufaktur asal Uni Soviet yang memproduksi pesawat, khususnya pesawat tempur, dan bermarkas di Begovoy District, Northern Administrative Okrug, Moscow. Perusahaan yang awalnya bernama lengkap Rossyskaya samoletostroitelnaya Korporatsiya MiG (RSK MiG) ini didirikan pada 8 Desember 1939 oleh Artem Mikoyan dan Mikhail Gurevich.

Kata “MiG” sendiri berasal dari nama Mikoyan dan Guverich. Huruf “M” mewakili nama Mikoyan, sementara huruf “G” mewakili nama Gurevich. Sedangkan huruf “i” di tengah-tengahnya adalah satu huruf dari bahasa Rusia yang berarti “dan”. Meskipun Gurevich telah meninggal pada tahun 1976, hingga saat ini nama “MiG” tetap menggema di Negeri Beruang Merah dan berbagai belahan dunia.

Awal Berdirinya MiG. Di tahun 1939, pemimpin Soviet saat itu, Joseph Stalin, memerintahkan pembentukan sebuah biro pembangunan pesawat terbang. Stalin kemudian menyuruh seorang perancang pesawat terbang ternama, Nikolay N. Polikarpov, untuk membangun proyek pembuatan pesawat tempur militer. Lalu ditunjuklah seorang insinyur bernama Artem I. Mikoyan untuk mengepalai biro khusus pembuatan pesawat tempur tersebut.

Tapi Mikoyan tidak sendirian. Ia ditemani oleh Mikhail Gurevich (rekan dekat yang sekaligus menjadi wakilnya dalam biro tersebut) untuk membantunya menciptakan pesawat tempur sesuai pesanan Stalin. Kedua insinyur ini memiliki keterampilan dan kepribadian yang saling melengkapi. Mikoyan dan Gurevich berusaha mengombinasikan pencapaian-pencapaian sebelumnya, memodernisasi tampilan pesawat yang sudah ada, dan menawarkan hal yang benar-benar berbeda dengan pesawat yang sudah diproduksi Uni Soviet.

Majalah airmagz dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI