Tampilkan di aplikasi

Hallstatt, desa tambang garam tertua nan tercantik di dunia

Majalah airmagz - Edisi 41
29 Juni 2018

Majalah airmagz - Edisi 41

Mulai dari deretan pegunungan Alpen yang berselimut salju, hamparan danau biru dengan angsa-angsa yang berenang di permukaannya, hingga rumah-rumah tradisional Eropa abad ke-16, semuanya bagaikan formula terapi jiwa yang menenangkan di Hallstatt.

airmagz
Hallstatt adalah sebuah desa kecil di wilayah Salzkammergut, salah satu negara bagian Austria, atau sekitar 280 km arah barat daya dari ibukota Vienna. Disebut sebagai desa karena luas Hallstatt tak mencapai 60 km persegi dengan jumlah penduduk yang kurang dari 1.000 jiwa.

Dalam bahasa Celtic, “hall” berarti garam, sehingga hallstatt bermakna “lokasi garam”. Dan memang, kampung yang berada di ketinggian rata-rata 511 mdpl ini konon merupakan desa tambang garam tertua di dunia. Tak mengherankan bila Hallstatt juga terkenal dengan produksi garamnya, dan bahkan dijuluki sebagai “The White Gold”.

Hallstatt pun sudah terdaftar dalam situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 1997 lantaran memiliki cerita sejarah dan budaya yang tinggi. Maklum, desa unik ini sudah ada sebelum zaman Romawi, dan diperkirakan sudah eksis sejak 7.000 tahun lalu.

Kebudayaan Hallstatt juga sangat berkaitan erat dengan kebudayaan bangsa Celtic, Proto-Celtic, dan Illyrian yang mendiami wilayah Eropa pada Zaman Besi Awal (sekitar 800-450 tahun SM). Berikut ini adalah beberapa icon penting yang ada di Hallstatt.

Rumah-rumah penduduk di Hallstatt masih berupa bangunan tradisional khas Alpen yang telah dibangun sejak abad ke-16. Hal itulah yang menjadikan Halstatt sebagai salah satu desa tercantik di dunia.

Lokasi terbaik untuk menemukan rumahrumah tradisional berbahan kayu di Hallstatt adalah Marktplatz, yaitu salah satu pusat bagi para turis. Bahkan sebelum tiba di Marktplatz, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan rumah-rumah kayu yang berjajar melingkar di tepi danau sehingga tampak bertingkat-tingkat.
Majalah airmagz di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI