Tampilkan di aplikasi

Cano Cristales, Kolombia, sungai dengan air lima warna

Majalah airmagz - Edisi 50
8 April 2019

Majalah airmagz - Edisi 50

sungai Cano Cristales merupakan danau yang terletak di serranía de la Macarena, salah satu kota di Provinsi Meta. sungai tersebut memiliki lima warna yang bisa disaksikan hanya pada waktu tertentu. / Foto : tampang.com

airmagz
Jika mendengar kata “sungai” yang terpikirkan adalah kotor dan kumuh penuh sampah. Namun berbeda dengan Sungai Cano Cristales di Kolombia yang terkenal dengan keindahan pantulan warna-warni airnya. Sungai ini dijuluki The River of Five Colors karena memiliki lima warna dan disebut juga sebagai sungai yang paling indah di dunia karena warnanya yang cemerlang.

Keunikan tersebut menjadi daya tarik tersendiri dan membuat penasaran para wisatawan. Sungai Cano Cristales memunculkan warna-warna seperti oranye, merah, kuning, sampai dengan biru. Selain warnawarna yang indah, Sungai Cano Cristales juga punya ciri khas batu yang berbentuk bundar seperti kolam.

Salah satu penyebab yang membuat air sungai berwarna hijau adalah adanya lumut. Kemudian air sungai juga bisa berubah menjadi warna biru karena pantulan langit di permukaan air. Adapun perubahan warna merah dengan gradasi warna lainnya dikarenakan adanya alga Macarenia Clavigera (Podostemaceae) yang menempel di bebatuan sungai.

Arus air sungai sangat berperan dalam mengatur sinar matahari agar bisa mencapai alga. Sayangnya warna-warni sungai Cano Cristales tersebut hanya bisa disaksikan langsung pada waktu-waktu tertentu. Tatkala musim hujan datang, arus tersebut dapat menjauhkan sinar matahari dari dasar sungai karena jumlah air yang cenderung menjadi lebih banyak. Sedangkan pada musim kemarau, airnya menjadi dangkal sehingga tidak akan mengeluarkan warna-warni tersebut.

Sungai seperti Cano Cristales sangat jarang ditemui dan kemungkinan hanya ada satu di dunia. Fakta lain dari sungai ini adalah tidak ditemukan biota air seperti ikan, tapi hanya terdapat tanaman air dan bebatuan Kuarsit. Kapan waktu tepat untuk berkunjung ke sana? Jawabannya adalah di antara musim penghujan dan kemarau merupakan waktu ideal untuk melihat keindahan Sungai Cano Cristales.
Majalah airmagz di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI