Tampilkan di aplikasi

Kesiapan angkutan udara di lebaran 2019

Majalah airmagz - Edisi 52
17 Juni 2019

Majalah airmagz - Edisi 52

Secara nasional rata-rata penumpang pesawat turun berkisar 20-23 persen. / Foto : Airmagz

airmagz
Seolah sudah menjadi tradisi tahunan, mudik Lebaran dianggap sebagai ritual wajib yang dilakukan hampir seluruh masyarakat. Saat ritual mudik tersebut , semua moda transportasi digunakan mulai dari bus, kereta api, kapal laut, pesawat udara hingga kendaraan pribadi dipilih untuk sarana mencapai tujuan. Saat ini transportasi darat sudah semakin nyaman dengan adanya Tol Trans Jawa yang membentang dari Merak hingga Banyuwangi maupun Tol Trans Sumatera yang sebagian sudah bisa dilewati.

Kondisi berbeda justru dialami oleh pemudik yang biasa menggunakan moda pesawat. Dalam beberapa bulan terakhir, persoalan mahalnya harga tiket pesawat selalu menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat. Pemerintah bersama dengan stakeholder masih berusaha mencari solusi untuk mengatasi hal tersebut. Kendati begitu, seiring memasuki arus mudik Lebaran 2019 ini, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara memastikan proses ini bisa berjalan lancar.

Dirjen Perhubungan Udara, Polana B Pramesti, memastikan kesiapan arus mudik dan arus balik tahun ini dengan melakukan inspeksi kendaraan (ramp check) guna memastikan semua pesawat laik terbang. Menurut Polana, ramp check pesawat telah dilakukan sebanyak 1.411 kali kepada 474 pesawat yang teregistrasi. Pengecekan dilakukan oleh Inspektur Penerbangan Kelaikudaraan baik airworthiness inspector, flight operation inspector, cabin safety inspector dan aircraft dispatcher inspector.

“Hingga perayaan Lebaran, kami tidak berhenti untuk melakukan ramp check. Untuk memastikan bahwa pesawat dalam keadaan laik terbang, hal itu ditekankan karena aspek keselamatan dalam dunia penerbangan merupakan hal utama,” tuturnya Polana. Sementara itu, Dirjen Hubud sendiri telah menerbitkan sebanyak 313 Flight Aproval (FA) untuk penerbangan tambahan (Extra Flight) sepanjang masa arus mudik maupun arus balik Lebaran 2019.
Majalah airmagz di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI