Tampilkan di aplikasi

AirNav MATSC siap sambut mudik lebaran 2019

Majalah airmagz - Edisi 52
17 Juni 2019

Majalah airmagz - Edisi 52

AirNav Cabang Makassar siap antisipasi arus mudik. / Foto : Airmagz

airmagz
Mudik sudah menjadi semacam ritual tahunan yang dilakukan setiap menjelang Hari Raya Idul Fitri. Para perantauan yang masih mempunyai sanak family di kampung halaman, memanfaatkan waktu tersebut untuk melakukan perjalanan mudik. Semua moda transportasi digunakan, mulai dari kendaraan pribadi, bus, kereta api, kapal laut hingga pesawat terbang.

Mungkin agak berbeda tahun ini terutama bagi pemudik yang menggunakan pesawat. Harga tiket yang mahal membuat sebagian orang berhitung dan memilih menggunakan moda transportasi lain. Meski begitu, AirNav Indonesia justru memprediksi adanya peningkatan jumlah pemudik meski harga tiket pesawat saat ini masih mahal. Untuk mengantisipasi lonjakan tersebut, AirNav menyebutkan beberapa pihak maskapa i penerbangan sudah mempersiapkan jadwal extra flight alias penerbangan tambahan pada masa angkutan Lebaran 2019.

“Permintaan tambahan penerbangan selama periode Lebaran ada sebanyak 1.336 slot domestik dan 44 untuk slot internasional. Jumlah tersebut mengalami kenaikan dibandingkan tahun lalu,” papar Direktur Utama Airnav Indonesia Novie Riyanto, beberapa waktu lalu. Ia menjelaskan, total jumlah penerbangan tambahan tersebut lebih banyak jika dibandingkan dengan jumlah penerbangan di tahun 2018. Penambahan jadwal penerbangan baru, kata Riyanto, akan dilakukan pada puncak arus mudik yaitu pada 29 Mei 2019 atau H-7 Idul Fitri. “Puncak arus mudik penerbangan diprediksi terjadi pada 29 Mei dan arus balik pada 9 Juni,” paparnya.

Untuk mempersiapkan lonjakan penumpang, berbagai persiapan sudah dilakukan. Seper t i , pihaknya sudah mengaktifkan delapan bandara untuk beroperasi selama 24 jam untuk menghadapi mudik Lebaran 2019. Ia menambahkan semua fasilitas akan navigasi berjalan normal semua personel bisa menjalankan tugas sebaik mungkin. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa ada delapan bandara yang akan beroperasi selama 24 jam yakni Bandara di Kota Manado, Makassar, Medan, Batam, Denpasar, Halim Perdana Kusuma, Soekarno Hatta, dan Surabaya.
Majalah airmagz di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI