Festival balon udara di Wonosobo diikuti ratusan peserta

Majalah airmagz - Edisi 53
8 Juli 2019

Majalah airmagz - Edisi 53

Festival Balon Udara di Wonosobo

airmagz
AirNav Indonesia mendukung penuh penyelenggaraan festival balon udara bertajuk “Java Traditional Balloon Festival 2019” di Lapangan Desa Wisata Pagerejo, Wonosobo pada Sabtu (15/6).

Direktur Keselamatan, Keamanan dan Standardisasi AirNav Indonesia, Yurlis Hasibuan, menyampaikan bahwa AirNav Indonesia menjadi sponsor utama dalam festival balon udara yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Wonosobo dan Komunitas Balon Udara Wonosobo.

“Menerbangkan balon udara tradisional dengan cara ditambatkan sudah menjadi budaya baru yang dilakukan oleh masyarakat Wonosobo untuk memperingati momen syawalan. Implementasi dari PM 40 Tahun 2018 tentang penggunaan balon udara pada kegiatan budaya masyarakat sudah berjalan dengan sangat baik di Wonosobo dan sekitarnya.

Masyarakat telah turut berpar t isipasi menjaga keselamatan penerbangan di ruang udara Indonesia,” ungkap Yurlis. Dalam penyelenggaraan festival tahun ini, AirNav Indonesia bersama Pemerintah Kabupaten Wonosobo telah melakukan sosialisasi pada tanggal 22 Mei 2019.

Pihaknya, lanjut Yurlis, telah melakukan sosialisasi bersama dengan unsur Pemerintah Kabupaten Wonosobo, Polres dan Kodim ke Kecamatan Keretek dan Kecamatan Kalikajar di Kabupaten Wonosobo. “Dalam sosialisasi tersebut dijelaskan mengenai bahaya balon udara terhadap keselamatan penerbangan dan rencana festival balon udara sebagai salah satu media melestarikan tradisi menerbangkan balon udara.

Respon peserta dan tokoh masyarakat pada sosialisasi tersebut cukup antusias,” papar Yurlis. Dijelaskannya, antusiasme masyarakat dapat terlihat dari jumlah peserta yang berpartisipasi pada festival tahun ini. Tahun lalu total peserta di Wonosobo sebanyak 104 kelompok. Tahun ini, jumlah peserta meningkat menjadi 116 kelompok.

Majalah airmagz dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI