Ini 15 danau prioritas yang akan jadi destinasi pariwisata

Majalah airmagz - Edisi 54
8 Agustus 2019

Majalah airmagz - Edisi 54

seminar / Foto : Foto: dok Kemenpar

airmagz
Pemerintah memutuskan akan menjadikan sedikitnya 15 danau prioritas yang akan dikembangkan menjadi destinasi pariwisata. Tercatat 15 danau prioritas itu antara lain ada Toba, Sentarum, Tempe, Tondano, Lomboto, Sentani, Matano, Poso, Kaskade, Batur, Rawa Pening, Rawa Danau, Kerinci, Singkarak, dan Maninjau.

Bertempat di Dafam Teraskita Jakarta, Rabu (17/7) diselenggarakan diskusi panel tentang pengembangan wisata danau-danau di Indonesia.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Kementerian Pariwisata, Dadang Rizki Ratman yang mengungkapkan sebagai referensi Danau Toba yang merupakan kaldera raksasa di dunia dan termasuk salah satu yang diusulkan pemerintah sebagai UNESCO Geopark baru dikenal sebagai tempat wisata tapi oleh masyarakat sekitar masih dimanfaatkan secara liar tanpa memperhatikan lingkungan.

Nur Hygiawiati Rahayu yang mewakili Deputi Kemaritiman Direktur Kehutanan Foto: dok Kemenpar dan Konservasi Sumber Daya Air Bappenas mengungkapkan bahwa Indonesia kaya dengan alam dan ada lebih dari 800 danau yang tersebar luas mulai dari ujung Sumatra hingga Papua.

Hadir pula Prof Winarni D Monoarfa, Staf ahli Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bidang Hubungan Antar Lembaga Pusat dan Daerah KLHK. yang memaparkan bahwa jika danau disentuh aspek wisata, akan ada banyak manfaat untuk masyarakat sekitar.

Panelis terakhir yang hadir adalah Naswardi, Kabid Danau Situ dan Embung Direktorat Bendungan Ditjen Sumber Daya Air PUPR yang mengungkapkan bahwa badan danau sebagai wilayah sempadan harus dijaga dari aktivitas yang mengganggu lingkungan sekitar

Majalah airmagz dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI