Tampilkan di aplikasi

Pengobatan koi dengan PK

Majalah Apki - Edisi 27
14 September 2017

Majalah Apki - Edisi 27

Bentuk fisik PK berupa serbuk kristal berwarna ungu tua kehitaman.

Apki
Entah bagaimana asal-usulnya sehingga disebut ‘PK’, tapi yang jelas, PK dapat digunakan untuk pengobatan pada koi anda. Di Eropa atau Amerika dan di negara lainnya, Kalium Permanganat (PK) juga populer dikenal dengan Potassium Permanganat (PP), yang mana rumus kimianya adalah KMNO4. Senyawa kimia ini merupakan garam yang mengandung ion K+ dan MnO−4, berfungsi sebagai agen pengoksidasi (oksidator) yang kuat.

Bentuk fisik PK adalah berupa serbuk kristal dan jika terlarut dalam air akan menghasilkan larutan berwarna ungu tua. Penguapan larutan ini meninggalkan kristal prismatik berwarna ungu kehitaman. Larutan PK dapat digunakan untuk merawat kolam dan mengobati koi anda. PK seringkali digunakan oleh para pehobi untuk mengobati koi yang terserang berbagai jenis parasit dan infeksi bakteri.

Ada pula yang digunakan hanya sebatas sebagai pencegahan agar penyakit tak menyerang koi. Penting untuk dicatat bahwa larutan PK dapat beracun atau membunuh bagi organisme air jika tidak digunakan dengan benar. Jika anda menggunakan PK untuk merawat kolam anda, maka terlebih dahulu, putuskan aliran air yang menuju ke dalam ruang filter, sebab PK dapat merusak kehidupan bakteri bermanfaat yang ada di dalam ruang filter kolam anda.

Dari berbagai pengalaman dalam pengobatan koi, menunjukkan bahwa PK dapat membunuh Saprolegnia, Costia, Chilodinella, Ich, Trichodina, Gyrodactylus dan Dactylogyrus, Argulus, Piscicola, Lernea, Columnaris dan bakteri lainnya seperti Edwardsiella, Aeromonas, Pseudomonas, plus Algae dan Ambiphrya. Namun demikian, penggunaan PK khususnya untuk membunuh Argulus.
Majalah Apki di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI