Tampilkan di aplikasi

Transportasi koi jarak jauh

Majalah Apki - Edisi 27
14 September 2017

Majalah Apki - Edisi 27

Karantina koi dalam kantong beroksigen, lebih hemat waktu, tempat dan biaya.

Apki
Koi yang akan dikirim ke suatu tempat, yang mana menempuh jarak yang sangat jauh atau memakan waktu berjam-jam, tentu perlu penanganan khusus. Infomasi berikut ini sekadar menambah wawasan kepada anda, apa dan bagaimana yang seharusnya dilakukan oleh para petani dan petugas pengiriman koi jarak jauh selama persiapan, dalam perjalanan hingga sampai tujuan.

1. Tahap persiapan. Sebelum menempuh perjalanan jarak jauh, terdapat beberapa hal yang perlu dipersiapkan dengan baik, sebab koi yang akan dikirim harus dikondisikan agar dapat bertahan dan selamat dalam perjalanan. Pengiriman koi dari kota Blitar Jawa Timur dengan kota tujuan seperti ke Jakarta, atau kota lain yang berada di luar Jawa, antara lain ke wilayah Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi, adalah hal yang sudah biasa dilakukan oleh para petani kita.

2. Metode karantina koi. Cara atau metode lainnya yang biasa digunakan adalah dengan memasukkan koi ke dalam kantong oksigen selama beberapa hari (2-4 hari). Ada sebagian petani koi yang menggunakan cara ini untuk mempercepat waktu karantina dan menghemat tempat dan biaya perawatan.

3. Pengemasan. Sebelum diberangkatkan, koi ditempatkan di dalam kantongkantong beroksigen, sekaligus ditambahkan larutan obatobatan (antiseptik atau antibiotik) dalam dosis yang tepat, untuk menjaga kesehatan koi selama dalam perjalanan. Cara mengemas koi dalam kantong beroksigen adalah dengan memasukkan air yang telah diendapkan selama sehari semalam sebanyak 1/3 isi kantong, lalu koi dimasukkan kedalam kantong.
Majalah Apki di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI