Tampilkan di aplikasi

Kebutuhan nutrisi untuk koi

Majalah Apki - Edisi 28
9 Januari 2018

Majalah Apki - Edisi 28

Sebagai makhluk hidup, koi juga memrlukan asupan nutrisi yang cukup, agar dapat tumbuh dengan baik.

Apki
Sebagai makhluk hidup, koi juga memrlukan asupan nutrisi yang cukup, agar dapat tumbuh dengan baik. Oleh sebab itulah maka di dalam pakan pelet (Pakan kering buatan) telah mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh koi.

Pakan yang baik, tentu memiliki kandungan nutrisi yang lengkap sebagaimana yang dibutuhkan agar koi senantiasa sehat. Berikut ini adalah zat-zat penting yang diperlukan oleh koi antara lain :

1. Protein sangat diperlukan untuk membangun fungsi fisiologi dan pertumbuhan sel-sel tubuh koi. Protein dapat diperoleh dari tumbuhan, binatang atau bakteri. Prosentase jumlah protein yang dibutuhkan oleh koi sesuai dengan tahap pertumbuhannya.

Koi yang masih kecil, membutuhkan jumlah protein yang lebih besar jika dibandingkan dengan koi dewasa. Sebagai contoh untuk koi yang baru berumur beberapa hari sampai seukuran ibu jari, membutuhkan kandung protein sampai 42% di dalam pakan.

Sedangkan jika koi sudah beranjak dewasa, maka kebutuhan protein antara 30 – 38 %. Dengan demikian, jika kebutuhan protein tidak terpenuhi dengan baik, maka pertumbuhan koi menjadi lambat, dan akan tampak kurus. Sumber utama protein bagi pakan koi antara lain adalah tepung ikan dan tepung kedelai.

2. Lemak (fat) atau lipid adalah sumber energi utama bagi koi. Lemak juga membantu menjaga gaya apung Koi (Koi Buoyancy) agar tetap netral. Kebutuhan lemak yang terbaik untuk kesehatan koi adalah antara 3 - 10%. Jika kandungan lemak di dalam pakan koi terlalu berlebihan yakni diatas 10 % maka akan menyebabkan kenaikan berat badan koi dan dapat mengganggu fungsi hati.

Sebaliknya, jika kekurangan lemak yaitu dibawah 3% maka hal ini dapat menyebabkan gangguan pada sirkulasi darah koi. Sumber lemak untuk pakan koi dapat diperoleh dari gandum, tepung ikan atau minyak jagung.
Majalah Apki di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI