Tampilkan di aplikasi

Kualitas air

Majalah Apki - Edisi 28
9 Januari 2018

Majalah Apki - Edisi 28

Memelihara koi sesungguhnya adalah bagaimana menjaga kualitas air kolam. Mengapa demikian?

Apki
Memelihara koi sesungguhnya adalah bagaimana menjaga kualitas air kolam. Mengapa demikian? Sebab koi hidupnya di dalam air. Oleh karena itu, kondisi air sangatlah penting untuk di jaga mutunya agar koi dapat hidup sehat dan tumbuh dengan baik.

Hampir semua permasalahan yang terjadi terhadap kesehatan koi adalah karena rendahnya kualitas air kolam. Air kolam yang berkualitas rendah, tentu membuat koi merasa tidak nyaman atau bahkan sangat membahayakan kehidupannya.

Jika koi berada dalam kondisi yang tidak nyaman, maka membuat koi menjadi stress dan mudah sekali terserang berbagai macam penyakit. Oleh sebab itulah kunci keberhasilan dalam merawat koi adalah bagaimana menjaga mutu air agar selalu dalam keadaan baik sesuai yang diinginkan koi. Apakah benar adanya mitos bahwa air yang bening adalah baik untuk koi?

Tidak selalu demikian, sebab air yang bening bukanlah ukuran. Pertanyaan selanjutnya adalah apa dan bagaimana mengukur kualitas air yang baik bagi koi? Berikut ini adalah informasi tentang kandungan kimia yang terdapat di dalam air kolam beserta parameter yang diperlukan untuk memenuhi standar kualitas air kolam.

1. Ammonia (NH3) adalah zat yang paling berbahaya bagi koi jika terlarut di dalam air kolam dengan kadar melampaui batas. Ammonia merupakan senyawa kimia yang terdapat pada kotoran dan urin koi yang dikeluarkan melalui anus.

Selain itu. Ammonia juga di lepas melalui insang sebagai kotoran dari hasil pencernaan protein. Idealnya, kandungan zat Ammonia di dalam air adalah nol, artinya sama sekali tidak ada zat Ammonia di dalam air kolam. Kondisi ini bisa saja terjadi jika Koi sama sekali tidak mengeluarkan kotoran yang mencemari air kolam.

Namun demikian, sebagai makhluk hidup, koi tentu perlu makanan bagi pertumbuhannya. Makanan akan diproses oleh organ pencernaan koi untuk diserap nutrisi yang dibutuhkan, dan sisanya akan dibuang menjadi kotoran.
Majalah Apki di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI