Tampilkan di aplikasi

Cara melepas koi baru

Majalah Apki - Edisi 28
9 Januari 2018

Majalah Apki - Edisi 28

Semua pemelihara koi, sudah tentu pernah membeli koi untutk menambah koleksi koi di dalam kolamnya.

Apki
Semua pemelihara koi, sudah tentu pernah membeli koi untutk menambah koleksi koi di dalam kolamnya. Namun demikian, tak banyak yang menyadari bahwa koi yang masih berada di dalam kantong beroksigen dalam kondisi tidak nyaman (stress).

Oleh sebab itu, untuk mencegah agar koi tidak bertambah stress ketika dilepas, maka perlu penanganan atau perlakuan khusus. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diketahui dan tips bagaimana sebaiknya melepas koi yang baru dibeli untuk menghindarkan kondisi yang makin tidak nyaman bagi koi sebagai berikut :

1. Kantong beroksigen. Jika anda membeli koi, biasanya koi baru akan ditempatkan di dalam sebuah kantong plastik yang berisi oksigen murni, sebagai upaya agar koi dapat dibawa dan selamat sampai ke rumah anda. Yang perlu di perhatikan dalam hal ini adalah bahwa volume air di dalam kantong oksigen jangan terlalu banyak yaitu 1/3 (sepertiga)nya saja, sedangkan 2/3 (duapertiga) nya adalah oksigen murni.

Selain itu, ketinggian air di dalam kantong setidaknya dapat merendam seluruh tubuh koi. Jika ketinggian air tak sampai merendam seluruh tubuh koi, maka mintalah kepada penjual untuk mengganti kantong dengan ukuran yang lebih besar.

2. Jangan terlalu lama. Jika anda sudah berniat membeli koi, maka segeralah kembali pulang atau menuju ke rumah anda ketika membawa koi. Usahakan waktu tempuh yang sesingkat mungkin, agar koi tidak terlalu lama berada di dalam kantong beroksigen.

Jika anda mampir-mampir dulu ke tempat lain, maka koi akan merasa semakin tak nyaman berada di dalam kantong, yang mana ditunjukkan koi dengan melompat-lompat di dalam kantong. Oleh sebab itu lebih disarankan untuk membeli koi di lokasi penjual yang terdekat dengan rumah anda.
Majalah Apki di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI