Tampilkan di aplikasi

Cara membasmi nyamuk di sekitar kolam koi

Majalah Apki - Edisi 29
9 April 2018

Majalah Apki - Edisi 29

Media yang terlalu lama tidak dirawat, dapat menyumbat aliran air di dalam ruang filter.

Apki
Biasanya jumlah nyamuk makin bertambah banyak saat musim kemarau telah tiba. Gangguan yang ditimbulkan oleh nyamuk yang ada di sekitar anda bukan hanya membuat kulit terasa gatal akibat gigitan nyamuk, namun yang lebih membahayakan kesehatan adalah karena nyamuk bisa saja membawa bibit penyakit.

Mengapa tiba-tiba terdapat begitu banyak nyamuk di kolam koi?

Salah satu penyebabnya adalah kemungkinan karena kondisi air kolam yang buruk atau terdapat air yang stagnan terutama di ruang filter. Kondisi seperti ini akan menjadi tempat berkembang biak yang sempurna bagi nyamuk.

Nyamuk suka berkembang biak pada genangan air yang relatif diam atau yang bergerak lamban dan cenderung menghindari aliran cepat karena tidak ideal sebagai tempat bertelur.

Sebuah kolam khususnya di ruang filter dengan sedikit aerasi, kemungkinan akan memiliki lebih banyak masalah dengan nyamuk dibandingkan kolam koi yang diberi aerasi dengan kapasitas besar.

Memaksimalkan aliran air di kolam Anda adalah cara alami terbaik untuk mencegah nyamuk berkembang biak di kolam Anda. Untuk meningkatkan aerasi dan gerakan (arus) air dapat digunakan pompa dengan kapasitas yang lebih besar .

Jika anda menemukan ada nyamuk di sekitar kolam yang lebih banyak daripada biasanya, itu bisa jadi karena kolam anda kurang aerasi atau mungkin saja karena kualitas air kolam menurun, yang mana dapat mengundang banyak nyamuk untuk berkembang biak.
Majalah Apki di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI