Tampilkan di aplikasi

Goshiki

Majalah Apki - Edisi 29
9 April 2018

Majalah Apki - Edisi 29

Traditional Goshiki dan Kindai Goshiki.

Apki
Secara keseluruhan, penampilan Goshiki berwarna keunguan, dengan warna merah cerah membentuk pola seperti Kohaku. Warna Goshiki akan tampil terbaik ketika berada pada suhu yang hangat dan akan memudar jika berada pada suhu yang lebih rendah.

Menilai kualitas Goshiki. Untuk menilai kualitas Goshiki yang terutama adalah dengan mengamati kualitas warnanya. Goshiki yang bagus terdapat warna merah yang terang (menyala) dan terlihat kontras dibandingkan warna-warna lainnya.

Warna biru menyerupai pola pada Asagi juga tampak jelas dengan susunan sisik yang rapi, sedangkan untuk warna hitam (sumi) terlihat pekat meskipun minor. Setelah mempertimbangkan intensitas warna, selanjutnya yang penting dalam menilai Goshiki adalah bentuk pola (pattern) khususnya pada warna merah (hi).

Pola warna merah pada Goshiki mengikuti pola Kohaku. Pola warna merah yang seimbang secara keseluruhan sangat diperlukan untuk menunjang kualitas Goshiki.

Di dalam berbagai kontes koi (Koi Show), Goshiki seringkali terpilih menjadi juara atau pemenang berbagai penghargaan. Oleh karena itu Goshiki saat ini disebut-sebut sebagai bagian dari kelompok Gosanke selain Kohaku, Showa, Sanke dan mengalahkan keberadaan Utsuri.
Majalah Apki di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI