Tampilkan di aplikasi

Mengapa koi lokal tak bisa besar

Majalah Apki - Edisi 29
9 April 2018

Majalah Apki - Edisi 29

Untuk koi ukuran kecil dibawah 10 cm, Koi Import dan Koi Lokal sepintas tampak sama. Namun dalam perkembangannya, pertumbuhan Koi import relatif lebih cepat dibandingkan koi lokal.

Apki
Seringkali terdengar keluhan dari para pemelihara koi, mengapa koi-koi mereka tidak bisa besar meski sudah diberi pakan yang cukup dan dipelihara di dalam kolam dengan benar. Namun demikian yang dimaksud dengan koi besar tentu relatip, tergantung dari kebiasaan yang mereka lihat.

Pada umumnya untuk koi lokal, ukuran 50 - 60 cm itu sudah termasuk koi besar. Namun jika dibandingkan dengan koi import, Sedangkan Koi Import adalah Koi yang langsung didatangkan dari Jepang. Lalu apa bedanya, terkait dengan pertumbuhan koi?

Jika koi masih kecil (ukuran dibawah 10 cm), baik koi import maupun lokal, bentuk badannya mirip dan kualitas warnanyapun maka koi import relatif lebih cepat pertumbuhannya dan tentu bisa jauh lebih besar dibandingkan koi lokal. Panjang Koi import bahkan bisa mencapai lebih dari 100 cm !

Mengapa koi import relatip lebih cepat tumbuh besar dibandingkan koi lokal?

Sebelumnya perlu dijelaskan terlebih dahulu, bahwa yang dimaksud Koi Lokal dalam artikel ini adalah koi yang dibudidayakan di dalam negeri dan biasanya diproduksi oleh para petani koi di daerah Blitar, Sukabumi dan beberapa daerah lainnya.

juga tak beda jauh. Namun demikian, bagi yang sudah berpengalaman, akan dengan mudah membedakan mana yang koi lokal, dan mana yang koi import meski tubuhnya sama-sama kecil.
Majalah Apki di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI