Kunci sukses dalam memelihara koi

Majalah Apki - Edisi 30
14 Agustus 2018

Majalah Apki - Edisi 30

Memelihara koi adalah suatu kegiatan yang sangat menyenangkan. Bahkan bagi para pehobi berat (koi kichi) atau penulis menyebutnya peng-gila koi, koi bukanlah semata-mata hewan peliharaan, namun sudah menjadi bagian hidup mereka.

Apki
Bagi para peng-Gila Koi, mereka akan terus belajar dan meningkatkan pengetahuannya tentang koi, baik dari literatur maupun dari pengalaman pehobi lainnya.

Sudah hal yang lazim ditemui ketika ada seorang pehobi baru (newbie) yang mengeluh karena koinya banyak yang mati, meski sudah diupayakan dengan berbagai cara. Ada pula yang merasa frustasi, karena seringnya terjadi kematian koi masal yang tak pernah dia ketahui apa sebab dan musababnya.

Sebagaimana binatang peliharaan lainya, koi juga perlu cara tersendiri dalam merawat dan menanganinya. Karena rendahnya pengetahuan bagaimana cara merawat koi yang benar, maka pehobi pemula seringkali mengalami kekecewaan akibat banyak koi miliknya yang mati.

Namun demikian, ada pula pemelihara koi yang merasa telah berhasil merawat koi hanya karena selama memelihara koi, tak pernah ada koi yang mati, sehingga tak perlu lagi menambah pengetahuan dan mempelajari lebih jauh bagaimana merawat koi dengan benar.

Menurut penulis itu hanya kebetulan semata. Suatu saat nanti, ketika ada koi yang mati atau terjadi wabah penyakit hingga terjadi kematian masal, barulah mereka merasa kebingungan dan tak tau apa yang musti dilakukan.

Oleh karena itu, sangat disarankan kepada anda dalam merawat koi, sebaiknya agar terus meningkatkan pengetahuan dan wawasan seluasluasnya tentang dunia koi.

Tujuannya adalah agar anda dapat mengetahui dengan benar, permasalahan apa yang terjadi pada kolam dan koi dan anda juga dapat menyelesaikan semua permasalahan dengan tuntas.

Majalah Apki dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI