Pentingnya menjaga kualitas air kolam koi

Majalah Apki - Edisi 32
16 April 2019

Majalah Apki - Edisi 32

Pernahkah Anda mengalami sebuah kondisi dimana beberapa Koi Anda tampak terserang berbagai penyakit, padahal sebelumnya sehat-sehat saja?

Apki
Koi sebagai makhluk hidup, tentu yang bisa saja terserang penyakit. Sebagai pecinta koi, tantu anda akan berusaha untuk menyembuhkan koi yang sedang sakit agar segera kembali sehat seperti sedia kala.

Ketika melihat ada Koi yang terserang penyakit, biasanya anda akan memindahkan ke bak atau tangki karantina dan merawatnya. Selanjutnya adalah mengkondisikan koi yang sedang sakit dengan perawatan yang baik dengan memberi obat-obatan yang tepat sesuai dengan jenis penyakitnya.

Itu semua adalah hal yang wajar saja dilakukan oleh setiap pemelihara koi. Namun tak banyak yang menyadari, bahwa yang perlu dirawat bukan hanya koi yang sedang sakit, tapi justru yang lebih penting adalah air kolam. Air Kolam? Ya, justru air kolam yang menurun kualitasnya dapat berdampak buruk terhadap kesehatan koi anda.

Oleh sebab itu, jika ada seekor koi yang menunjukkan gejala terserang penyakit, maka sudah dapat dipastikan bahwa kualitas air kolam anda harus diperbaiki.

Jika kualitas air kolam anda tidak terjaga dengan baik, maka tak heran jika koi anda akan sakit-sakitan Untuk itu, segera lakukan perawatan yang lebih intensif untuk mengembalikan kualitas air kolam yang diperlukan oleh koi. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan dalam rangka mememperbaiki kualitas air kolam :

1. STOP PEMBERIAN PAKAN

Cara ini yang pertama kali harus dilakukan yaitu dengan tidak member pakan kepada koi selama beberapa hari. Mengapa demikian? Sebab Koi yang diberi pakan, akan mengeluarkan kotoran, yang mana kotoran inilah yang membuat kualitas air kolam menurun. Biarkan koi anda tanpa diberikan pakan selama 3 s/d 7 hari berturut-turut.

Majalah Apki dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI