Menilai kualitas pola & warna koi

Majalah Apki - Edisi 32
16 April 2019

Majalah Apki - Edisi 32

Yang mana maksudnya adalah blok-blok warna yang berada di sepanjang punggung koi.

Apki
Masing-masing varitas Koi memiliki karakter pola tersendiri sehingga cara menilai kualitasnyapun berbeda-beda. Namun demikian pada prinsipnya, Koi yang memiliki pola dengan komposisi yang seimbang, lebih diutamakan. Sebagai contoh pada varitas Kohaku yang terpenting untuk dipertimbangkan adalah keseimbangan pola (balance) dari kepala hingga ke bagian ekor. Pola yang dinamis pada punggung Kohaku yang banyak disukai oleh para pecinta Koi seperti pada gambar

Kualitas warna koi. Ada beberapa hal penting yang perlu diketahui sehubungan dengan penilaian kualitas warna Koi sebagai berikut :

Kiwa dan Sashi. Kiwa adalah batas antara sisik warna dasar putih (shiroji) dengan sisik warna merah (hi) atau hitam (sumi).

Kualitas warna yang baik, khususnya warna hi, harus memiliki Kiwa yang jelas atau tegas.

Jenis Kiwa dan Sashi Terdapat 2 tipe Kiwa, yaitu :

1. Maruzome Kiwa adalah kiwa yang pola warnanya mengikuti lingkar luar sisik (warnanya penuh satu sisik).

2. Kamisori Kiwa adalah kiwa yang pola warnanya memotong sisik. Kedua tipe ini hanya sebatas untuk membedakan bentuk penyebaran warna, bukan untuk membedakan kualitas di antara keduanya, atau dengan kata lain kedua-duanya adalah baik.

Contoh Kiwa yang bagus, adalah tampak tegas, sedangkan Kiwa yang ada pada Utsuri relatif kurang bagus, sebab terdapat gradasi warna.

Majalah Apki dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI