Tampilkan di aplikasi

Menghiasi rumah dengan shalat sunnah

Majalah As-sunnah - Edisi 08/XXIII
2 Desember 2019

Majalah As-sunnah - Edisi 08/XXIII

Baiti Jannati : Menghiasi Rumah dengan Shalat Sunnah / Foto : ASWaD DESAIN

As-sunnah
Rumah memiliki fungsi-fungsi penting bagi keluarga yang mendiaminya. Orang akan sangat paham apa yang dilakukan manusia di dalam rumah-rumah mereka. Mereka makan dan minum di dalamnya. Orang pun akan selamat dari teriknya panas matahari dan dingin hawa. Orang melepas lelah di rumah. Kebersamaan seseorang dengan keluarga akan terjalin kuat di dalam rumah. Fungsi lain yang lebih penting itu, akan menutup aurat para pemiliknya dan menjaga harta-benda dan kehormatan mereka. Mengingat pentingnya peran dan fungsi rumah bagi orang yang memilikinya, Allâh Ta'alla mengingatkan kepada manusia tentang nikmat tersebut.

Allâh berfirman yang artinya: Dan Allâh menjadikan bagimu rumah-rumahmu sebagai tempat tinggal (QS. An-Nahl/16:80) Imam Ibnu Katsir menyatakan, “Allâh mengingatkan kesempurnaan nikmat-Nya yang tercurah kepada hamba-hamba-Nya, pada rumah yang Allâh k adakan bagi mereka yang menjadi tempat ketenangan bagi mereka. Mereka bermalam di sana. Mereka tertutupi dengan rumah, dan memperoleh bermacam-macam manfaat dengan adanya rumah”.

Sementara as-Sa’di mengatakan, “Rumah-rumah akan menjaga kalian dari panas dan dingin, dan menjaga kalian, anak-anak kalian dan barang-barang kalian. Di dalam rumah, kalian membuat kamar-kamar dan ruangan-ruangan yang dibuat untuk berbagai macam kemanfaatan dan kemaslahatan bagi kalian. Di dalamnya, harta-benda dan kehormatan akan terjaga, dan manfaat-manfaat lain yang dapat disaksikan bersama”.
Majalah As-sunnah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI