Tampilkan di aplikasi

Cara Identifikasi Hoaks

Majalah Asy Syariah - Edisi 122
20 Maret 2019

Majalah Asy Syariah - Edisi 122

Kajian Utama 3, Cara identifikasi hoax

Asy Syariah
Hoaks yang beredar di masyarakat saat ini sangat beragam karena banyaknya pihak yang membuatnya dengan berbagai tujuan dan sasaran. Bisa jadi, hoaks berasal dari musuh-musuh Islam yang sengaja membuatnya demi menyerang Islam. Contohnya, berita dusta kaum munafikin (Haditsul Ifk) yang ditujukan untuk mencoreng kemuliaan keluarga Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, dan berita-berita dusta Abdullah bin Saba’ al-Yahudi untuk menggulingkan Khalifah Utsman bin Affan radhiyallahu 'anhu.

Beredarnya hoaks tentu saja menjadi sebuah tantangan. Ini adalah ujian dari Allah subhanahu wa ta'ala yang harus dihadapi oleh seorang hamba dengan bimbingan syariat. Sebagai pengikut Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, sudah seharusnya kita menjadi yang terdepan dalam mewaspadai dan memerangi kedustaan, bukan sebaliknya, menjadi bagian para penyebar dusta.

Kejujuran memiliki tanda-tanda, demikian pula kedustaan pasti ada tanda-tanda kedustaan yang mengiringinya. Bahkan, lebih dari itu, wajah orang-orang yang jujur memancarkan tanda kejujuran dan keteduhan hati. Di sisi lain, seorang pendusta akan tampak tanda-tanda kedustaannya pada raut muka atau gerak-gerik tubuhnya.

Para ulama Islam sesungguhnya telah memberikan contoh dalam menyingkap berita-berita dusta. Salah satu contoh yang sangat bermanfaat kita ketengahkan di sini adalah kegigihan para ulama dalam menyingkap kedustaan para pemalsu hadits. Kembali kepada pembahasan hoaks yang menjadi salah satu tantangan kita pada zaman ini.

Banyak langkah yang bisa dilakukan untuk mengenali berita dusta sebagaimana telah disosialisasikan oleh pihak yang berwenang atau lembaga pemerintah seperti Polri dan Kemenkominfo yang bertugas menangani merebaknya hoaks yang sangat merugikan masyarakat, bangsa, dan negara. Bagi kita, dengan terus mengingat bimbingan Islam dalam mewaspadai berita-berita dusta ada beberapa contoh langkah sederhana yang mungkin membantu dalam identifikasi awal berita-berita hoaks.
Majalah Asy Syariah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI