Dapatkan majalah digital Autobild Rp. 30,000 atau berlangganan mulai Rp. 330,000
Baca halaman pratinjau melalui aplikasi myedisi reader
Edisi 373
103 Halaman, Terbit 9 Agustus 2017
Majalah Dwi Mingguan

Kini kita masuk ke semester kedua 2017 dan siap terhenyak euforia APM menyiapkan mobil terbaik di pameran otomotif nasional tengah tahun.

Pertama adalah Mitsubishi low MPV yang sudah curi start 2 pekan lalu. Meski sudah muncul, namun Mitsubishi masih belum membuka spesifikasi detailnya. Bahkan namanya juga baru akan diumumkan saat world premiere 10 Agustus mendatang. Yang menarik, harga diset sangat kompetitif yaitu Rp 189-246 juta dengan 6 pilihan varian. Sontak small MPV ini bakal langsung berhadapan dengan rival sekelasnya, yaitu Toyota Avanza/Veloz, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga/Dreza.

Prediksi saya benar, Mitsubishi membanderol small MPV-nya sedikit lebih mahal di varian tertinggi, yaitu Rp 246 juta dibanding semua rivalnya. Di rentang segitu, ada Honda Mobilio RS CVT yang dijual Rp 243,5 juta. Dengan perbedaan harga lebih mahal Rp 2,5 juta di kelas ini, nyaris tak begitu berdampak pada konsumennya. Kita akan lihat persaingan di varian tertinggi dan termahal di segmen small MPV tersebut.

Di varian terendah, small MPV Mitsubishi tersebut akan dihargai Rp 189 juta. Ini akan ketemu langsung dengan Honda Mobilio S M/T (Rp 189,5 juta) dan Toyota Avanza 1.3 E M/T (Rp 189,7 juta). Serta sedikit menyenggol Suzuki Ertiga GA (Rp 186 juta). Meski umumnya varian terendah di segmen ini kurang begitu laris dibandingkan varian tengah dan atas, namun setidaknya konsumen punya pilihan harga terendah.

Mobil baru kedua yang menarik dicermati adalah Toyota Voxy yang muncul di kelas high MPV. Ia akan mengisi segmen yang saat ini dihuni Nissan Serena, Mitsubishi Delica dan Mazda Biante. Sebelumnya, Toyota punya Nav1 di segmen ini tapi tak lagi berlanjut. Disinyalir dimensinya yang terlalu mungil di kelas ini jadi penyebabnya. Apalagi di segmen bawahnya Toyota sudah punya Sienta. Akankah Toyota Voxy mampu meraih sukses lebih baik dari nav1? Kita tunggu saja strategi harga dan fitur yang ditawarkannya.

Ketiga adalah Mazda CX-5. Medium SUV ini sudah sempat diperkenalkan ke media sekitar bulan lalu. Ia memang sekadar facelift, namun menawarkan kenyamanan berkendara lebih baik. Sistem peredaman kabin banyak peningkatan dibanding generasi sebelumnya. Beberapa fitur juga disempurnakan seperti head-up display. Meski harga jualnya belum dirilis, tapi kami dapat prediksi di atas rival-rival di segmennya, seperti Honda CR-V ataupun Nissan X-Trail. Selain karena punya fitur paling lengkap, ia juga masih diimpor utuh hingga pajaknya tinggi.
Sampul
Content
Top story : Honda jazz crossover, Jazz berdaya jelajah tinggi?
     Toyota calya, multifungsi dan mudah dikendarai
     SUV kompak KIA, KIA panaskan pasar SUV kompak
     Granturismo terbaru, penyegaran setelah 10 tahun
     Sportscar vauxhall, mobil paling bertenaga vauxhall
Mailbox
Top story : Pagani huaira roadster, dilahirkan kembali
New car : Low MPV Mitsubishi, bercita rasa SUV
     Honda CR-V turbo termewah, luxury comfort
     Porsche macan terkencang, ketika macan mengaum
     KIA rio terbaru, simple but significant
     Acelift jazz generasi ketiga, masih mampu bertahan?
Mobil baru tengan tahun 2017 : Audi QS 2.0 TFSI quattro
     Audi A3 sportback 1.2 TFSI
     BMW M3
     BMW M4
     Daihatsu, Xenia special edition
     Ferari 812 superfast
     Honda jazz facelift
     Honda civic type R
     Hyundai grand i10
     Hyundai H-1 facelift
     Mercedes-AMG GT R
     Mercedes-benzE 300 coupé
     Mini john cooper works countryman
     Low MPV mitsubishi
     McLaren 720S
     Porsche 911 carrera GTS
     Land rover velar
     Jeep wrangler
Price list
AUTOBILD hadir bagi seluruh pemilik dan calon pemilik mobil. Selain menyajikan berita-berita terbaru (update news) dan pengetesan berbagai mobil baru termasuk dalam bentuk audio visual, juga berisi berbagai panduan seputar kepemilikan kendaraan. Termasuk interaksi dan aktivitas komunitas otomotif dengan kanal yang melayani kebutuhan mereka.

Menjadi market leader lewat media cetak di Indonesia, AUTOBILD.CO.ID hadir di dunia maya untuk menjadi media yang sangat efektif dalam mempromosikan produk/jasa yang membidik insan otomotif sebagai sasarannya. Baik itu pemilik kendaraan secara umum maupun komunitas-komunitas dengan beragam pendekatan. Baik berupa ad placement, creative ad, atau community activation.
2017   2016   2015