Festival Film Surabaya 2019, ajang silaturahmi dan kreativitas tanpa batas sinea

Majalah Broadcastmagz - Edisi 83
12 Agustus 2019

Majalah Broadcastmagz - Edisi 83

Festival Film Surabaya 2019

Broadcastmagz
Festival Film Surabaya (FFS) tahun ini memasuki tahun ke-8 penyelenggaraan. Dengan tagline “Bangga menjadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri”, Festival Film Surabaya 2019 yang digelar di Gedung Kesenian Cak Durasim, Surabaya, dan berlangsung selama dua hari, 9-10 Juli 2019 resmi dibuka, Selasa (9/7), dan ditutup Rabu (10/7).

Menurut Juliantono Hadi, Kepala Sekolah SMK Dr. Soetomo (SMEKDOR`S) sekaligus Pembina FFS 2019, FFS digelar sebagai wadah untuk para pelajar pembuat film. “Karya-karyanya bisa diapresiasi orang lain dengan audiens yang lebih luas, lebih berbeda, juga untuk ajang silaturahmi pelajar. Mereka bisa saling belajar dari peserta daerah lain,” ungkap Juliantono. Selama delapan kali penyelenggaraan, FFS semakin menarik perhatian peserta.

“Selama delapan tahun penyelenggaraan, ya Alhamdulillah, rata-rata diikuti 400- an karya (para pelajar). Untuk mahasiswa (umum) baru tiga tahun terakhir. Biasanya, kategori terbanyak yang diikuti adalah fiksi,” lanjutnya. Selain berkompetisi, FFS juga berisi aneka workshop dan pemutaran film.

“Workshop ini ditujukan selain ke siswa, juga ke guru yang mendampingi para peserta (pelajar). Mereka diberikan materi yang diisi para praktisi film,” tambahnya. Dengan demikian, Juliantono Hadi berharap, melalui FFS yang diselenggarakan secara rutin, para peserta bisa semakin banyak belajar tentang film, selain bisa menjadi sarana sharing, sehingga bisa menghasilkan karya film yang lebih baik dan banyak.

Terkait penyelenggaraan FFS 2019, menurut Juliantono Hadi, dari awal pendaftaran sampai penutupan, jumlah karya film yang diterima 450 terdiri dari 5 kategori dan perwakilan kepulauan Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa, dan terbaru Labuan Bajo-NTT. Peserta dengan karya yang terseleksi, 90-100 persen hadir.

Majalah Broadcastmagz dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI