Buku Buku Sekolah Elektronik (BSE) hanya dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Fisika Jilid 3

Fisika Jilid 3: SMK Kelas XII - KTSP 2006

Fisika Jilid 3

Indra penglihatan sangat penting bagi kita, karena memberikan sebagian besar informasi mengenai dunia. Hal ini tidak lain karena adanya cahaya yang memasuki mata kita. Bagaimana perilaku cahaya sehingga kita bisa melihat semua yang kita lakukan? Kita melihat benda dengan salah satu dari dua cara: (1) benda sebagai sumber cahaya, seperti bola lampu, berkas api atau bintang, dimana kita melihat cahaya yang langsung dipancarkan dari sumbernya.
(2) melihat benda dari cahaya yang dipantulkan benda lain. Pada kasus ini, cahaya bisa berasal dari matahari, cahaya buatan atau api perkemahan.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Endarko
Editor: Darminto

Penerbit: Buku Sekolah Elektronik (BSE)
ISBN: 9786028320290
Terbit: Juni 2008, 168 Halaman

Ikhtisar

Indra penglihatan sangat penting bagi kita, karena memberikan sebagian besar informasi mengenai dunia. Hal ini tidak lain karena adanya cahaya yang memasuki mata kita. Bagaimana perilaku cahaya sehingga kita bisa melihat semua yang kita lakukan? Kita melihat benda dengan salah satu dari dua cara: (1) benda sebagai sumber cahaya, seperti bola lampu, berkas api atau bintang, dimana kita melihat cahaya yang langsung dipancarkan dari sumbernya.
(2) melihat benda dari cahaya yang dipantulkan benda lain. Pada kasus ini, cahaya bisa berasal dari matahari, cahaya buatan atau api perkemahan.

Pendahuluan / Prolog

Kata Sambutan
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, berkat rahmat dan karunia Nya, Pemerintah, dalam hal ini, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional, telah melaksanakan kegiatan penulisan buku kejuruan sebagai bentuk dari kegiatan pembelian hak cipta buku teks pelajaran kejuruan bagi siswa SMK.

Karena buku-buku pelajaran kejuruan sangat sulit di dapatkan di pasaran. Buku teks pelajaran ini telah melalui proses penilaian oleh Badan Standar Nasional Pendidikan sebagai buku teks pelajaran untuk SMK dan telah dinyatakan memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan dalam proses pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 45 Tahun 2008 tanggal 15 Agustus 2008.

Kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh penulis yang telah berkenan mengalihkan hak cipta karyanya kepada Departemen Pendidikan Nasional untuk digunakan secara luas oleh para pendidik dan peserta didik SMK.

Buku teks pelajaran yang telah dialihkan hak ciptanya kepada Departemen Pendidikan Nasional ini, dapat diunduh (download), digandakan, dicetak, dialihmediakan, atau difotokopi oleh masyarakat. Namun untuk penggandaan yang bersifat komersial harga penjualannya harus memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh Pemerintah. Dengan ditayangkan soft copy ini diharapkan akan lebih memudahkan bagi masyarakat khsusnya para pendidik dan peserta didik SMK di seluruh Indonesia maupun sekolah Indonesia yang berada di luar negeri untuk mengakses dan memanfaatkannya sebagai sumber belajar.

Kami berharap, semua pihak dapat mendukung kebijakan ini. Kepada para peserta didik kami ucapkan selamat belajar dan semoga dapat memanfaatkan buku ini sebaik-baiknya. Kami menyadari bahwa buku ini masih perlu ditingkatkan mutunya. Oleh karena itu, saran dan kritik sangat kami harapkan.

Jakarta, 17 Agustus 2008
Direktur Pembinaan SMK

Kata Pengantar
Seiring dengan dibukanya peluang bagi semua siswa lulusan dari berbagai jenis sekolah menengah, baik yang bersifat sekolah menengah umum, kejuruan ataupun keagamaan, serta tidak ada lagi pembedaan terhadap kelompok IPA, IPS ataupun kelompok Bahasa, agar siswa lulusannya dapat berkompetisi masuk di perguruan tinggi, maka sebagai konsekuensinya adalah pemerintah harus menyediakan, mengelola dan membina terhadap fasilitas software maupun hardware untuk sekolah menengah kejuruan dan sekolah menengah keagamaan yang mengalami ketertinggalan dibandingkan dengan sekolah menengah umum, akibat adanya perubahan kebijakan tersebut.

Dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan dan pengajaran mata pelajaran Fisika untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se Indonesia, maka pihak Direktorat Pendidikan Sekolah Menengah dan Kejuruan melakukan kerjasama dengan salah satu perguruan tinggi teknik dalam hal ini Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS). Karena ITS telah memiliki pengalaman dalam membina mahasiswa baru yang berasal dari kelompok sekolah menengah kejuruan untuk ikut program pembenahan tersebut.

Pencanangan tahun 2015 oleh pemerintah agar perbandingan jumlah siswa SMU terhadap SMK adalah 30 prosen dibanding 70 prosen, yaitu terbalik dari kondisi sekarang, merupakan langkah yang harus diikuti dengan berbagai pembenahan. Pembenahan dapat dimulai dari penyediaan buku ajar yang berbahan baku standar, lengkap dan disajikan secara lebih populer, yaitu mudah dipahami. Permasalahan di lapangan adalah keberagaman sistem pengelolaan sekolah menengah kejuruan di berbagai daerah sudah lama dilepas dengan porsi kurikulum terbesarnya pada muatan lokal, dengan spesialisasi yang terlalu sempit, karena kebijakan bahwa SMK harus padu dan terkait dengan kebutuhan lingkungan (industri) terdekatnya.

Dalam pelaksanaan pengajaran mata pelajaran Fisika, pada umumnya para guru SMK, belum mempunyai pedoman yang seragam dan tegas. Tiap SMK memiliki arahan tersendiri. Guru lebih memilih untuk meracik sendiri materi yang akan diberikan kepada siswanya dari berbagai buku fisika yang teersedia. Untuk SMK berkualitas, seringkali terjebak dalam “standar kurikulum” yang disesuikan dengan selera industri pemakai tenaga lulusannya.

Program penyediaan buku, selalu dibarengi dengan pernyesuaian lamanya waktu yang dibutuhkan untuk pelaksanan di lapangan, penyiapan guru pengajarnya, upaya mendapatkan umpan balik, revisi buku dan pembakuan kurikulum. Diharapkan semua program hendaknya dapat dijalankan dengan tanpa mendikte ataupun dengan pemaksaan, karena harus mengejar target waktu agar cepat terselesaikan, sedangkan di lapangan masih dibutuhkan suatu panduan yang lebih implementatif dan aplikatif. Hal ini mengingat SMK telah berjalan dengan budaya dan mapan dengan lingkungannya. Perubahan hendaknya secara bertahap dan dengan kesadaran institusinya serta sesuai tuntutan lingkungan dan lapangan kerja lulusannya.

Demikian kami sampaikan penghargaan dan terima kasih yang sebesar–besarnya kepada Direktorat Pendidikan Sekolah Menengah dan Kejuruan Depdiknas atas terselenggaranya kerjasama ini, sehingga menggugah kesadaran para guru dan dosen akan tanggung jawabnya terhadap kualitas pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan, semoga Allah SWT membalas dedikasi dan amal baik tersebut.

Tim Penyusun

Daftar Isi

Cover
Kata sambutan
Kata pengantar
Daftar isi
Bab 12 Optika geometri
Bab 13 Listrik statis dan dinamis
Bab 14 Rangkaian arus searah
Daftar pustaka