Buku Buku Sekolah Elektronik (BSE) hanya dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Teknik Transmisi Tenaga Listrik Jilid 2

Teknik Transmisi Tenaga Listrik Jilid 2: SMK Kelas XI - KTSP 2006

Teknik Transmisi Tenaga Listrik Jilid 2

Pembangunan Pusat Pembangkit dengan kapasitas produksi energi listrik yang besar: PLTA, PLTU, PLTGU, PLTG, PLTP memerlukan banyak persyaratan, terutama masalah lokasi yang tidak selalu bisa dekat dengan pusat beban seperti kota, kawasan industri dan lainnya. Akibatnya tenaga listrik tersebut harus disalurkan melalui sistem transmisi

SUTT/SUTETI merupakan jenis Saluran Transmisi Tenaga Listrik yang banyak digunakan di PLN daerah Jawa dan Bali karena harganya yang lebih murah dibanding jenis lainnya serta pemeliharaannya mudah.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Aslimeri / Aslimeri

Penerbit: Buku Sekolah Elektronik (BSE)
ISBN: 9789790601598
Terbit: Juni 2008, 166 Halaman

Ikhtisar

Pembangunan Pusat Pembangkit dengan kapasitas produksi energi listrik yang besar: PLTA, PLTU, PLTGU, PLTG, PLTP memerlukan banyak persyaratan, terutama masalah lokasi yang tidak selalu bisa dekat dengan pusat beban seperti kota, kawasan industri dan lainnya. Akibatnya tenaga listrik tersebut harus disalurkan melalui sistem transmisi

SUTT/SUTETI merupakan jenis Saluran Transmisi Tenaga Listrik yang banyak digunakan di PLN daerah Jawa dan Bali karena harganya yang lebih murah dibanding jenis lainnya serta pemeliharaannya mudah.

Pendahuluan / Prolog

Kata Sambutan
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, berkat rahmat dan karunia Nya, Pemerintah, dalam hal ini, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional, telah melaksanakan kegiatan penulisan buku kejuruan sebagai bentuk dari kegiatan pembelian hak cipta buku teks pelajaran kejuruan bagi siswa SMK.

Karena buku-buku pelajaran kejuruan sangat sulit di dapatkan di pasaran. Buku teks pelajaran ini telah melalui proses penilaian oleh Badan Standar Nasional Pendidikan sebagai buku teks pelajaran untuk SMK dan telah dinyatakan memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan dalam proses pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 45 Tahun 2008 tanggal 15 Agustus 2008.

Kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh penulis yang telah berkenan mengalihkan hak cipta karyanya kepada Departemen Pendidikan Nasional untuk digunakan secara luas oleh para pendidik dan peserta didik SMK.

Buku teks pelajaran yang telah dialihkan hak ciptanya kepada Departemen Pendidikan Nasional ini, dapat diunduh (download), digandakan, dicetak, dialihmediakan, atau difotokopi oleh masyarakat. Namun untuk penggandaan yang bersifat komersial harga penjualannya harus memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh Pemerintah. Dengan ditayangkan soft copy ini diharapkan akan lebih memudahkan bagi masyarakat khsusnya para pendidik dan peserta didik SMK di seluruh Indonesia maupun sekolah Indonesia yang berada di luar negeri untuk mengakses dan memanfaatkannya sebagai sumber belajar.

Kami berharap, semua pihak dapat mendukung kebijakan ini. Kepada para peserta didik kami ucapkan selamat belajar dan semoga dapat memanfaatkan buku ini sebaik-baiknya. Kami menyadari bahwa buku ini masih perlu ditingkatkan mutunya. Oleh karena itu, saran dan kritik sangat kami harapkan.

Jakarta, 17 Agustus 2008
Direktur Pembinaan SMK

Kata Pengantar
Akhir-akhir ini sudah banyak usaha penulisan dan pengadaan bukubuku teknik dalam Bahasa Indonesia. Namun untuk Teknik Elektro, hal ini masih saja dirasakan keterbatasan-keterbatasan terutama dalam mengungkapkan topik atau materi yang betul-betul sesuai dengan kompetensi dalam bidang Transmisi Tenaga Listrik untuk Sekolah Menengah Kejuruan.

Hal inilah yang mendorong penulis untuk menyusun buku ini agar dapat membantu siapa saja yang berminat untuk memperdalam ilmu tentang Transmisi Tenaga Listrik. Dalam buku ini dibahas tentang : pemeliharaan sistim DC, pengukuran listrik, tranformator, gandu induk ,saluran udara tegangan tinggi, kontruksi kabel tenaga dan pemeliharaan kabel tenaga . Penulis menyadari masih banyak kekurangan- kekurangan baik dalam materi maupun sistematika penulisan, untuk itu saran-saran dan kritik yang membangun guna memperbaiki buku ini akan diterima dengan senang hati.

Pada kesempatan ini penulis mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Depertemen Pendidikan Nasional yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk menulis buku ini dan Drs.Sudaryono, MT yang telah bersedia menjadi editor buku ini. Juga penulis megucapkan terima kasih kepada Maneger PLN (persero) Udiklat Bogor yang telah banyak membatu penulis dalam menyediakan bahan untuk penulisan buku ini .

Harapan penulis semoga buku ini ada mamfaatnya untuk meningkatkan kecerdasan bangsa terutama dalam bidang teknik elektro .

Penulis

Daftar Isi

Kata sambutan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab IV Saluran udara tegangan tinggi
     4.1. Saluran Udara
     4.2. Saluran Kabel
     4. 3. Perlengkapan SUTT/SUTET dan Fungsinya
     4.4. Konduktor
     4. 5. Kawat Tanah
     4. 6. Isolator
Bab V Gardu induk
     5.1. BUSBAR
     5.2. Arrester
     5.3. Tranformator instrumen
     5.4. Pemisah
     5.5. Pemutus Tenaga
     5.6. Jenis Penggerak PemutusTenaga
     5.7. Kompensator
     5.8. Peralatan Scada danTelekomunikasi
     5.9 . Peralatan Pengaman(Protection Device)
     5.10. Aplikasi PLC
     5.11. Simbul-simbul yang adapada Gardu Induk
Bab VI Sistim pentahanan titik netral
     6.1. Sistem pentanahan titiknetral
     6.2. Tujuan Pentanahan TitikNetral Sistem
     6.3. Pentanahan Titik NetralTanpa Impedansi(Pentanahan Langsung/SolidGrounding)
     6.4 Pentanahan Titik NetralMelalui Tahanan (resistancegrounding)
     6.5.Pentanahan Titik NetralMelalui Kumparan Petersen
     6.7. Penetapan SistemPentanahan di IndonesiaSistem 150 KV
     6.8.Pentahanan/pembumian peralatan
     6.9. Exposur Tegangan(Voltage Exposure)
     6.10. Pengaruh Besar TahananTerhadap Sistem TenagaListrik
     6.11.Metode/Cara Pentanahan
     6.12. Tahanan Jenis Tanah
     6.13. Pengukuran TahananPentanahan
Bab VII Konstruksi kabel tenaga
     7.1. Kabel Minyak
     7.2. Karakteristik Minyak
     7.3. Macam-macam minyak kabel
     7.4. Tangki minyak. (Pengumpulminyak)
     7.5. Perhitungan Sistem Hidrolik
     7.6. Keselamatan kerja danperalatan.
     7.7. Crossbonding danPentanahan
     7.8. Cara konstruksi solidbonding
     7,9. Transposisi dan sambungsilang
     7.10. Alat Pengukur Tekanan ( Mano Meter )
     7. 11.Tekanan Pada Kabel Minyak
     7.12. Kabel tenaga jenis XLPE
     7.13. Kabel laut