Tampilkan di aplikasi

Buku Buku Sekolah Elektronik (BSE) hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Teknologi Informasi Dan Komunikasi
Baca   Unduh

Teknologi Informasi Dan Komunikasi

SMA Kelas XII - KTSP 2006

Coba Anda bayangkan, bagaimana rasanya jika Anda membaca buku tanpa gambar atau ilustrasi. Hampa, membosankan, dan ”ada yang kurang”, bukan? Bagaimana pula jika mengunjungi situs dengan tampilan ”datar” atau biasa-biasa saja? Tentu Anda juga akan merasa cepat bosan. Gambar atau ilustrasi memang telah menjadi bagian kehidupan manusia. Gambar berjasa sebagai hiasan ruangan, hiasan buku, hingga memperlancar pemahaman kita tentang materi pelajaran.

Keberadaan alat teknologi informasi dan komunikasi (TIK) juga merambah dunia ilustrasi. Ya, setelah dua tahun berkenalan dengan alat TIK, mengoperasikan komputer, hingga memanfaatkan kecanggihan internet, sekarang Anda dibimbing menyelami software grafis. Sesuai dengan namanya, software grafis adalah salah satu sarana dalam komputer. Sofware grafis atau software pengolah gambar ini memegang peran penting dalam berbagai bidang kehidupan. Bahkan, sejak lama software grafis melahirkan istilah baru yaitu ilustrasi digital (digital illustrations). Ibarat kuas, software grafis akan menghasilkan karya hebat jika digunakan dengan tepat. Begitu pula dengan karya Anda. Karya ilustrasi digital Anda akan hebat jika Anda tekun berlatih dan belajar.

Buku ”Teknologi Informasi dan Komunikasi” ini dapat Anda jadikan rujukan untuk mengenal software grafis. Dalam buku ini Anda dapat berkenalan dengan CorelDRAWX3 serta AdobePhotoshopCS3. Selain itu, dalam buku ini Anda dapat pula mengenal software MicrosoftPowerPoint2003. Sebagai gambaran, MicrosoftPowerPoint2003 digunakan untuk membuat dan menampilkan presentasi. Jadi, ilustrasi digital Anda dapat pula ditampilkan kepada khalayak menggunakan Microsoft PowerPoint2003. Akhir kata, semoga buku ini dapat Anda gunakan sarana menguasai teknologi informasi dan komunikasi, khususnya bidang ilustrasi digital. Selamat belajar.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Ali Muhson / Denny Ardia Rahman
Editor: Miyanto

Penerbit: Buku Sekolah Elektronik (BSE)
ISBN: 9789790952621
Terbit: Juni 2008 , 164 Halaman










Ikhtisar

Coba Anda bayangkan, bagaimana rasanya jika Anda membaca buku tanpa gambar atau ilustrasi. Hampa, membosankan, dan ”ada yang kurang”, bukan? Bagaimana pula jika mengunjungi situs dengan tampilan ”datar” atau biasa-biasa saja? Tentu Anda juga akan merasa cepat bosan. Gambar atau ilustrasi memang telah menjadi bagian kehidupan manusia. Gambar berjasa sebagai hiasan ruangan, hiasan buku, hingga memperlancar pemahaman kita tentang materi pelajaran.

Keberadaan alat teknologi informasi dan komunikasi (TIK) juga merambah dunia ilustrasi. Ya, setelah dua tahun berkenalan dengan alat TIK, mengoperasikan komputer, hingga memanfaatkan kecanggihan internet, sekarang Anda dibimbing menyelami software grafis. Sesuai dengan namanya, software grafis adalah salah satu sarana dalam komputer. Sofware grafis atau software pengolah gambar ini memegang peran penting dalam berbagai bidang kehidupan. Bahkan, sejak lama software grafis melahirkan istilah baru yaitu ilustrasi digital (digital illustrations). Ibarat kuas, software grafis akan menghasilkan karya hebat jika digunakan dengan tepat. Begitu pula dengan karya Anda. Karya ilustrasi digital Anda akan hebat jika Anda tekun berlatih dan belajar.

Buku ”Teknologi Informasi dan Komunikasi” ini dapat Anda jadikan rujukan untuk mengenal software grafis. Dalam buku ini Anda dapat berkenalan dengan CorelDRAWX3 serta AdobePhotoshopCS3. Selain itu, dalam buku ini Anda dapat pula mengenal software MicrosoftPowerPoint2003. Sebagai gambaran, MicrosoftPowerPoint2003 digunakan untuk membuat dan menampilkan presentasi. Jadi, ilustrasi digital Anda dapat pula ditampilkan kepada khalayak menggunakan Microsoft PowerPoint2003. Akhir kata, semoga buku ini dapat Anda gunakan sarana menguasai teknologi informasi dan komunikasi, khususnya bidang ilustrasi digital. Selamat belajar.

Pendahuluan / Prolog

Kata Sambutan
Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, berkat rahmat dan karunia-Nya, Pemerintah, dalam hal ini, Departemen Pendidikan Nasional, pada tahun 2009, telah membeli hak cipta buku teks pelajaran ini dari penulis/penerbit untuk disebarluaskan kepada masyarakat melalui situs internet (website) Jaringan Pendidikan Nasional. Buku teks pelajaran ini telah dinilai oleh Badan Standar Nasional Pendidikan dan telah ditetapkan sebagai buku teks pelajaran yang memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan dalam proses pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 49 Tahun 2009 tanggal 12 Agustus 2009.

Kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para penulis/penerbit yang telah berkenan mengalihkan hak cipta karyanya kepada Kementerian Pendidikan Nasional untuk digunakan secara luas oleh para siswa dan guru di seluruh Indonesia. Buku-buku teks pelajaran yang telah dialihkan hak ciptanya ini, dapat diunduh (down load), digandakan, dicetak, dialihmediakan, atau difotokopi oleh masyarakat. Namun, untuk penggandaan yang bersifat komersial harga penjualannya harus memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh Pemerintah.

Diharapkan buku teks pelajaran ini akan lebih mudah diakses oleh siswa dan guru di seluruh Indonesia maupun sekolah Indonesia yang berada di luar negeri sehingga dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar. Kami berharap, semua pihak dapat mendukung kebijakan ini. Kepada para siswa kami ucapkan selamat belajar dan manfaatkanlah buku ini sebaik-baiknya. Kami menyadari bahwa buku ini masih perlu ditingkatkan mutunya. Oleh karena itu, saran dan kritik sangat kami harapkan.

Daftar Isi

Cover
Kata Sambutan
Kata Pengantar
Cara Menggunakan Buku
Daftar Isi
Bab I - Menggunakan Perangkat Lunak Pembuat Grafis Vektor
     A. Gambar Digital
     B. Mengenal CorelDRAW Graphics Suite X3
     C. Bekerja Dengan Objek
     D. Berkreasi Dengan CorelDRAW
Bab II - Menggunakan Perangkat Pembuat Grafis Bitmap
     A. Mengenal Perangkat Lunak Pembuat Grafis Bitmap
     B. Mengenal Wilayah Kerja Perangkat Lunak Pembuat Grafis Bitmap
     C. Mengenal Menu Adobe Photoshop CS3
     D. Lebih Jauh Mengenai Toolbox
     E. Membuat Dan Menyimpan Dokumen Baru
     F. Menggunakan Menu
     G. Menggunakan Ikon
     H. Mengenal Dan Menggunakan Layer
     I. Membuat Dokumen Grafis
Bab III - Menggunakan Perangkat Lunak Presentasi
     A. Menu Dan Ikon Dalam Perangkat Lunak Presentasi
     B. Menggunakan Menu Dan Ikon
     C. Membuat Dan Menyimpan Dokumen
     D. Membuka File Presentasi
     E. Mengolah Dokumen/File Presentasi
     F. Menggunakan Objek Dalam Presentasi
     G. Menggunakan Animasi
Glosarium
Indeks
Daftar Pustaka
Lampiran