Tampilkan di aplikasi

Buku Buku Sekolah Elektronik (BSE) hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Animasi 2D
Baca   Unduh

Animasi 2D

SMK / MAK Kelas XII - Semester 1 - Kurikulum 2013

Buku teks ″Teknik Animasi 2D″ ini disusun berdasarkan tuntutan paradigma pengajaran dan pembelajaran kurikulum 2013 diselaraskan berdasarkan pendekatan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar kurikulum abad 21, yaitu pendekatan model pembelajaran berbasis peningkatan keterampilan proses sains.

Penyajian buku teks untuk Mata Pelajaran ″Teknik Animasi 2D″ ini disusun dengan tujuan agar supaya peserta didik dapat melakukan proses pencarian pengetahuan berkenaan dengan materi pelajaran melalui berbagai aktivitas proses sains sebagaimana dilakukan oleh para ilmuwan dalam melakukan eksperimen ilmiah (penerapan scientifik), dengan demikian peserta didik diarahkan untuk menemukan sendiri berbagai fakta, membangun konsep, dan nilai-nilai baru secara mandiri.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, dan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan menyampaikan terima kasih, sekaligus saran kritik demi kesempurnaan buku teks ini dan penghargaan kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam membantu terselesaikannya buku teks siswa untuk Mata Pelajaran Teknik Animasi 2D kelas XI/Semester 1 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Wahyu Purnomo / Wahyu Andreas
Editor: Siswati

Penerbit: Buku Sekolah Elektronik (BSE)
Terbit: Desember 2013 , 213 Halaman










Ikhtisar

Buku teks ″Teknik Animasi 2D″ ini disusun berdasarkan tuntutan paradigma pengajaran dan pembelajaran kurikulum 2013 diselaraskan berdasarkan pendekatan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar kurikulum abad 21, yaitu pendekatan model pembelajaran berbasis peningkatan keterampilan proses sains.

Penyajian buku teks untuk Mata Pelajaran ″Teknik Animasi 2D″ ini disusun dengan tujuan agar supaya peserta didik dapat melakukan proses pencarian pengetahuan berkenaan dengan materi pelajaran melalui berbagai aktivitas proses sains sebagaimana dilakukan oleh para ilmuwan dalam melakukan eksperimen ilmiah (penerapan scientifik), dengan demikian peserta didik diarahkan untuk menemukan sendiri berbagai fakta, membangun konsep, dan nilai-nilai baru secara mandiri.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, dan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan menyampaikan terima kasih, sekaligus saran kritik demi kesempurnaan buku teks ini dan penghargaan kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam membantu terselesaikannya buku teks siswa untuk Mata Pelajaran Teknik Animasi 2D kelas XI/Semester 1 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Pendahuluan / Prolog

Kata pengantar
Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa atas tersusunnya buku teks ini, dengan harapan dapat digunakan sebagai buku teks untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bidang Studi Teknik Elektronika. Penerapan kurikulum 2013 mengacu pada paradigma belajar kurikulum abad 21 menyebabkan terjadinya perubahan, yakni dari pengajaran (teaching) menjadi BELAJAR (learning), dari pembelajaran yang berpusat kepada guru (teacherscentered) menjadi pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik (studentcentered), dari pembelajaran pasif (pasive learning) ke cara belajar peserta didik aktif (active learning-CBSA) atau Student Active Learning-SAL.

Buku teks ″Teknik Animasi 2D″ ini disusun berdasarkan tuntutan paradigma pengajaran dan pembelajaran kurikulum 2013 diselaraskan berdasarkan pendekatan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar kurikulum abad 21, yaitu pendekatan model pembelajaran berbasis peningkatan keterampilan proses sains.

Penyajian buku teks untuk Mata Pelajaran ″Teknik Animasi 2D″ ini disusun dengan tujuan agar supaya peserta didik dapat melakukan proses pencarian pengetahuan berkenaan dengan materi pelajaran melalui berbagai aktivitas proses sains sebagaimana dilakukan oleh para ilmuwan dalam melakukan eksperimen ilmiah (penerapan scientifik), dengan demikian peserta didik diarahkan untuk menemukan sendiri berbagai fakta, membangun konsep, dan nilai-nilai baru secara mandiri.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, dan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan menyampaikan terima kasih, sekaligus saran kritik demi kesempurnaan buku teks ini dan penghargaan kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam membantu terselesaikannya buku teks siswa untuk Mata Pelajaran Teknik Animasi 2D kelas XI/Semester 1 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Jakarta, 12 Desember 2013
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
Prof. Dr. Mohammad Nuh, DEA

Daftar Isi

Cover
Disklaimer
Kata pengantar
Daftar isi
Glosarium
Bab 1 : Pendahuluan
     A. Diskripsi
     B. Prasyarat
     E. Kompetensi inti dan kompetensi dasar
     F. Cek kemampuan awal
Bab 2 : Pembelajaran
     A. Diskripsi
     B. Kegiatan belajar
          Kegiatan belajar 1 : Prinsip – prinsip dasar animasi
          Kegiatan belajar 2 : Prinsip – prinsip dasar animasi
          Kegiatan belajar 3 : Prinsip – prinsip dasar animasi
          Kegiatan belajar 4 : Prinsip – prinsip dasar animasi
          Kegiatan belajar 5 : Storyboard
          Kegiatan belajar 6 : Storyboard
          Kegiatan belajar 7 : Animasi tradisional
          Kegiatan belajar 8 : Animasi stop motion
          Kegiatan belajar 9 : Animasi komputer
          Kegiatan belajar 10: Animasi komputer
          Kegiatan belajar 11 : Gambar kunci (Key frame)
          Kegiatan belajar 12: Gambar kunci animasi
          Kegiatan belajar 13: Gambar kunci animasi
          Kegiatan belajar 14: Gambar kunci animasi
          Kegiatan belajar 15 : Gambar clean up dan sisip
          Kegiatan belajar 16 : Gambar clean up dan sisip
          Kegiatan belajar 17 : Gambar clean up dan sisip
          Kegiatan belajar 18: Teknik animasi frame
          Kegiatan belajar 19: Teknik animasi frame
          Kegiatan belajar 20: Teknik animasi frame
Daftar pustaka