Buku Buku Sekolah Elektronik (BSE) hanya dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Effective Communication 2nd Year SMK

Effective Communication 2nd Year SMK: SMK Kelas XI - KTSP 2006

Effective Communication 2nd Year SMK

Being a professional, you have to pay attention to etiquettes in your workplace. There is something you as professionals have to possess, namely good manners. Good manners are shown from several aspects, such as your physical appearance, attitudes, and personality.

It is important to dress in a manner consistent with company culture and make sure your clothes are always clean. Besides, it is good for you to keep yourself clean. Taking shower or bathing every day is a must. It can relax your mind, lighten a little bit of your burden, make you feel fresh and be ready for your work. Brushing your teeth every morning after breakfast is important to keep your breath fresh.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Agus Widyantoro, M. Pd.

Penerbit: Buku Sekolah Elektronik (BSE)
ISBN: 979462943
Terbit: Juni 2008, 188 Halaman

Ikhtisar

Being a professional, you have to pay attention to etiquettes in your workplace. There is something you as professionals have to possess, namely good manners. Good manners are shown from several aspects, such as your physical appearance, attitudes, and personality.

It is important to dress in a manner consistent with company culture and make sure your clothes are always clean. Besides, it is good for you to keep yourself clean. Taking shower or bathing every day is a must. It can relax your mind, lighten a little bit of your burden, make you feel fresh and be ready for your work. Brushing your teeth every morning after breakfast is important to keep your breath fresh.

Pendahuluan / Prolog

Kata Sambutan
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, berkat rahmat dan karunia Nya, Pemerintah, dalam hal ini, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional, telah melaksanakan kegiatan penulisan buku kejuruan sebagai bentuk dari kegiatan pembelian hak cipta buku teks pelajaran kejuruan bagi siswa SMK.

Karena buku-buku pelajaran kejuruan sangat sulit di dapatkan di pasaran. Buku teks pelajaran ini telah melalui proses penilaian oleh Badan Standar Nasional Pendidikan sebagai buku teks pelajaran untuk SMK dan telah dinyatakan memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan dalam proses pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 45 Tahun 2008 tanggal 15 Agustus 2008.

Kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh penulis yang telah berkenan mengalihkan hak cipta karyanya kepada Departemen Pendidikan Nasional untuk digunakan secara luas oleh para pendidik dan peserta didik SMK.

Buku teks pelajaran yang telah dialihkan hak ciptanya kepada Departemen Pendidikan Nasional ini, dapat diunduh (download), digandakan, dicetak, dialihmediakan, atau difotokopi oleh masyarakat. Namun untuk penggandaan yang bersifat komersial harga penjualannya harus memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh Pemerintah. Dengan ditayangkan soft copy ini diharapkan akan lebih memudahkan bagi masyarakat khsusnya para pendidik dan peserta didik SMK di seluruh Indonesia maupun sekolah Indonesia yang berada di luar negeri untuk mengakses dan memanfaatkannya sebagai sumber belajar.

Kami berharap, semua pihak dapat mendukung kebijakan ini. Kepada para peserta didik kami ucapkan selamat belajar dan semoga dapat memanfaatkan buku ini sebaik-baiknya. Kami menyadari bahwa buku ini masih perlu ditingkatkan mutunya. Oleh karena itu, saran dan kritik sangat kami harapkan.

Jakarta, 17 Agustus 2008
Direktur Pembinaan SMK

Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan petunjuk, kesehatan, ketabahan, dan kesabaran kepada kami sehingga penulisan Effective Communication: English for Vocational High School Students (Elementary Level) dapat diselesaikan.

Buku ini disusun dengan tujuan menyediakan bahan ajar mata pelajaran bahasa Inggris untuk kelas VII dengan acuan Standar Isi mata pelajaran bahasa Inggris tahun 2006. Bahan ajar ini dirancang untuk pemakaian secara nasional dan oleh karenanya guru di seluruh Indonesia dapat menggunakannya secara langsung atau dengan melakukan adaptasi seperlunya menyesuaikan KTSP masing-masing.

Materi dan tugas pembelajaran dikembangkan dengan prinsip-prinsip Pendekatan Komunikatif untuk mengembangkan kompetensi siswa dalam keempat keterampilan berbahasa, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Selain itu materi dan tugas pembelajaran secara integratif mengembangkan kecakapan hidup dalam arti luas dan meningkatan kesadaran akan kebhinekaan.

Materi dan tugas-tugas pembelajaran dalam buku ini diorganisasikan ke dalam dua siklus pembelajaran, yaitu siklus lisan dan siklus tulis. Siklus lisan menekankan pengembangan keterampilan menyimak dan berbicara, sementara siklus tulis mengembangkan keterampilan membaca dan menulis. Sesuai dengan prinsip keterpaduan dalam pembelajaran bahasa, kedua siklus tersebut mengembangkan keempat keterampilan berbahasa secara terintegrasi. Baik siklus lisan maupun siklus tulis tersusun atas empat macam kegiatan pembelajaran, yaitu pembuka, pajanan terhadap bahasa target, penjelasan mengenai unsur-unsur kebahasaan, dan latihan berkomunikasi dalam bahasa target secara terbimbing maupun bebas. Selain itu, untuk keperluan pengayaan dan evaluasi, setiap unit dilengkapi dengan tugas terstruktur dalam sub-unit Let’s Get More Practice dan Let’s Review.

Materi dan kegiatan belajar dikembangkan dengan tujuan menjadikan siswa aktif belajar bahasa Inggris, baik secara individu, berpasangan, maupun dalam kelompok kecil; melalui kegiatan memahami dan menggunakan bahasa Inggris untuk mengekspresikan gagasan mereka. Guru lebih bertindak sebagai fasilitator, pemberi feedback, dan pendorong siswa agar berani mengekspresikan dirinya dengan tidak mengabaikan pentingnya akurasi berbahasa. Dengan kegiatan-kegiatan pembelajaran dan peran guru yang demikian, siswa terbimbing dan terfasilitasi dalam berlatih mengekspresikan dirinya sehingga secara bertahap akhirnya mampu berkomunikasi dengan baik.

Sehubungan dengan terselesaikannya penulisan buku ini kami mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah memberikan dukungannya selama proses penyusunannya. Secara khusus kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada ayah, ibu, istri, anak, saudara-saudara, dan kekasih kami yang telah dengan sabar menyemangati langkah demi langkah dalam penulisan buku ini.

Kami menyadari bahwa buku ini masih memiliki kekurangan-kekurangan. Masukan dari berbagai pihak, terutama guru dan siswa pemakai bahan ajar ini, sangat kami harapkan untuk perbaikan di kemudian hari. Semoga bahan ajar ini memberikan manfaat bagi pembelajaran bahasa Inggris di tanah air. Penulis

Daftar Isi

Cover
Kata sambutan
Kata pengantar
Table of Contents
Unit 1 What a busy day!
Unit 2 I am a webmaster
Unit 3 Could I take your massage, please?
Unit 4 I’d like to see the manager
Unit 5 Could you submit the report of the last meeting?
Unit 6 Where did you go?
Unit 7 I’m going to have a meeting on monday
Unit 8 First of all, enter your password
Unit 9 I agree with you
Bibliography