Tampilkan di aplikasi

Buku Buku Sekolah Elektronik (BSE) hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Mahir Matematika 2
Baca   Unduh

Mahir Matematika 2

SMK Kelas XI - KTSP 2006

Logika matematika banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, sebagai contoh adalah dalam menyimpulkan atau mengambil suatu keputusan baik dalam dunia bisnis, teknologi maupun dalam dunia pemerintahan. Pada gambar di samping tampak gambar laptop (Notebook). Tahukah Anda, prinsip logika matematika juga diterapkan dalam proses berfikir suatu sistem komputer. Untuk lebih memahami tentang prinsip logika matematika, maka marilah kita pelajari materi dalam Sumber bab ini dengan saksama!

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Agus Irawati

Penerbit: Buku Sekolah Elektronik (BSE)
ISBN: 9794628859
Terbit: Juni 2008 , 120 Halaman










Ikhtisar

Logika matematika banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, sebagai contoh adalah dalam menyimpulkan atau mengambil suatu keputusan baik dalam dunia bisnis, teknologi maupun dalam dunia pemerintahan. Pada gambar di samping tampak gambar laptop (Notebook). Tahukah Anda, prinsip logika matematika juga diterapkan dalam proses berfikir suatu sistem komputer. Untuk lebih memahami tentang prinsip logika matematika, maka marilah kita pelajari materi dalam Sumber bab ini dengan saksama!

Pendahuluan / Prolog

Kata Sambutan
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, berkat rahmat dan karunia Nya, Pemerintah, dalam hal ini, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional, telah melaksanakan kegiatan penulisan buku kejuruan sebagai bentuk dari kegiatan pembelian hak cipta buku teks pelajaran kejuruan bagi siswa SMK.

Karena buku-buku pelajaran kejuruan sangat sulit di dapatkan di pasaran. Buku teks pelajaran ini telah melalui proses penilaian oleh Badan Standar Nasional Pendidikan sebagai buku teks pelajaran untuk SMK dan telah dinyatakan memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan dalam proses pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 45 Tahun 2008 tanggal 15 Agustus 2008.

Kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh penulis yang telah berkenan mengalihkan hak cipta karyanya kepada Departemen Pendidikan Nasional untuk digunakan secara luas oleh para pendidik dan peserta didik SMK.

Buku teks pelajaran yang telah dialihkan hak ciptanya kepada Departemen Pendidikan Nasional ini, dapat diunduh (download), digandakan, dicetak, dialihmediakan, atau difotokopi oleh masyarakat. Namun untuk penggandaan yang bersifat komersial harga penjualannya harus memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh Pemerintah. Dengan ditayangkan soft copy ini diharapkan akan lebih memudahkan bagi masyarakat khsusnya para pendidik dan peserta didik SMK di seluruh Indonesia maupun sekolah Indonesia yang berada di luar negeri untuk mengakses dan memanfaatkannya sebagai sumber belajar.

Kami berharap, semua pihak dapat mendukung kebijakan ini. Kepada para peserta didik kami ucapkan selamat belajar dan semoga dapat memanfaatkan buku ini sebaik-baiknya. Kami menyadari bahwa buku ini masih perlu ditingkatkan mutunya. Oleh karena itu, saran dan kritik sangat kami harapkan.

Jakarta, 17 Agustus 2008
Direktur Pembinaan SMK

Kata Pengantar
Ada pendapat bahwa tanpa harus belajar matematika secara khusus pun orang bisa sukses dalam usahanya. Contohnya, seorang pedagang di kampung, pengusaha kerajinan, atau tukang bangunan yang tidak pernah sekolah, tetapi usahanya berjalan lancar. Benarkah pendapat demikian?

Dalam kehidupan yang semakin modern, manusia tidak hanya ingin memenuhi kebutuhan primernya, tetapi juga kebutuhan-kebutuhan sekunder dan tersiernya. Hal itu menuntut konsekuensi usaha lebih keras untuk mendapatkan pemasukan lebih besar. Belum lagi, munculnya pesaing-pesaing baru, baik dalam usaha maupun bidang keahli-annya, memaksa manusia berkompetisi, jika tidak ingin tersisih. Jelas, semua itu memer-lukan suatu pengetahuan dan keterampilan. Karena itulah, muncul ilmu akuntansi, mana-jemen, teknik, dan sebagainya. Namun sebenarnya, matematikalah yang mendasari dan membantu konsep-konsep dalam ilmu-ilmu tersebut.

Didasari hal itulah, kami ingin membantu menyajikan konsep-konsep matematika yang berhubungan dengan ilmu-ilmu yang dipelajari oleh siswa-siswa SMK. Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dikembangkan sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan pengembangan program sekolah berbasis kebutuhan dan potensi wilayah. Strategi ini merupakan upaya meningkatkan peran SMK dalam pengembangan wilayah melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia profesional dan produktif, sehingga program sekolah mampu mengakar kuat pada masyarakat. Penyelenggaraan proses pemelajaran dilaksanakan melalui pendekatan belajar tuntas/Mastery Learning, berorientasi pada kegiatan siswa/Student Centered Learning, dan berbasis produksi/Production Based Training (PBT).

Mahir Matematika SMK (nonteknik) Kelas XI disusun sesuai dengan standar isi untuk mengarahkan bagaimana siswa belajar menguasai standar kompetensi Logika Matematika, Fungsi, Barisan dan Deret, serta Geometri Dimensi Dua agar tujuan pemelajaran dapat tercapai. Setiap materi, kami bahas mulai dari konsep dasar, penurunan rumus, kemudian aplikasinya dalam bentuk contoh soal, latihan, dan dilengkapi dengan lembar tugas. Di akhir standar kompetensi, kami juga memberikan lembar kerja siswa untuk mengukur seberapa besar standar kompetensi yang telah dikuasai siswa. Semua ini bertujuan agar pemakai buku matematika ini tidak hanya mengambil rumus jadi, lalu menerapkannya pada soal-soal hitungan, tetapi memahami mengapa, kapan, dan bagaimana rumus itu digunakan.

Selain memahami konsep, terampil dalam menyelesaikan soal-soal hitungan juga sangat diharapkan. Itulah ciri yang khas dari tujuan pemelajaran matematika. Soal-soal kami susun menurut tingkat kesulitannya, agar siswa dapat mengukur sendiri tingkat pemahamannya terhadap materi yang diajarkan. Keberhasilan pemelajaran ditandai de-ngan adanya perubahan perilaku positif pada diri siswa sesuai standar kompetensi dan tujuan pendidikan, serta siswa sudah mampu menguasai standar kompetensi yang ada.

Kami mengharapkan buku matematka ini benar-benar dapat menjadi rujukan bagi siswa dalam mempelajari konsep matematika serta menjadi alat bantu yang efektif dalam menyelesaikan berbagai persoalan.

Tersedianya mahir matematika SMK ini tidak lepas dari adanya kerjasama yang baik dari berbagai pihak. Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusi, baik moril maupun materiil. Akhirnya, seperti kata pepatah: tiada gading yang tak retak, kami mengharapkan saran dan kritik yang konstruktif demi kesempurnaan buku ini di waktu yang akan datang.

Jakarta, Januari 2008
Tim Penulis

Daftar Isi

Cover
Kata sambutan
Kata pengantar
Daftar Isi
Bab 1 Logika matematika
Bab 2 Fungsi
Bab 3 Barisan dan Deret
Bab 4 Geometri dimensi dua
Daftar pustaka