Tampilkan di aplikasi

5G jaringan terbaru, serba cepat

Majalah CHIP - Edisi 12/2016
17 Desember 2016

Majalah CHIP - Edisi 12/2016

Dunia 5G Baru “Internet yang kita tahu saat ini akan hilang dan berubah menjadi bentuk baru”, ramal Lemke, yang saat ini bekerja sebagai ahli teknologi senior di Huawei.

CHIP
Sektor industri memberi ladang baru yang menjanjikan untuk jaringan mobile phone generasi kelima. Namun, muncul kritik yang menyerang begitu besarnya biaya untuk revolusi tersebut.

Michael Lemke bukan orang baru di bidangnya. Ahli fisika bergelar PhD tersebut telah lama berkutat di .sektor telekomunikasi selama lebih dari 24 tahun. Selama seperempat abad lamanya, dia telah melihat standar telekomunikasi datang dan pergi. Sekarang, dia memperkirakan revolusi besar untuk jaringan mobile phone generasi kelima (‘5G’).

Dunia 5G Baru “Internet yang kita tahu saat ini akan hilang dan berubah menjadi bentuk baru”, ramal Lemke, yang saat ini bekerja sebagai ahli teknologi senior di Huawei.

“Internet akan lahir kembali ke dalam bentuk wireless”, tambahnya.

Bukan hanya Lemke seorang yang ampu melihat cakrawala baru tersebut.

Kabar yang diberikan oleh sektor telekomunikasi terkait 5G terdengar seperti mimpi jadi nyata: Rasio pengiriman data lebih cepat hingga puluhan dan ratusan kali dari sekarang, periode latency satu millisecond yang tidak akan terasa oleh manusia, dan volume data melebihi standar saat ini mencapai ribuan kali lipat. Terlebih lagi, radio cell dapat menampung hingga ratusan kali lebih banyak perangkat yang terhubung padanya. Dari sudut pandang teknologi, masalah seperti putusnya koneksi, radio cell kelebihan beban, dan batasan volume data untuk paket data akan teratasi sekaligus.

“Bayangkan situasi di mana Anda dapat selalu mendapatkan sinyal, bahkan ketika ada di daerah tepian jangkauan radio cell, karena jaringannya selalu seperti ‘connected society’ (ungkapan Ericsson untuk lingkungan yang terhubung total di masa depan) dan ‘gigabit society’.

Padahal, komisioner digital EU Günther Oettinger sudah berbicara mengenai ‘gigabyte society’ pada event IFA tahun ini.
Majalah CHIP di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI