Tampilkan di aplikasi

Mengganti keyboard ThinkPad

Majalah CHIP - Edisi 12/2016
17 Desember 2016

Majalah CHIP - Edisi 12/2016

Notebook ThinkPad dari Lenovo sangat kuat.

CHIP
Jangan buang notebook hanya karena beberapa tombolnya rusak. Untuk Lenovo ThinkPad X300, prosesnya lebih mudah karena ada opsi memasang keyboard baru.

Notebook ThinkPad dari Lenovo sangat kuat, sampai mendapatkan status legenda di antara pengguna bisnis. Namun sekuat apapun sebuah benda, tentu tidak akan luput dari kerusakan, terutama untuk keyboard yang selalu dihantam oleh jari setiap harinya. Oleh karena itu, membuang notebook hanya karena kerusakan keyboard tentu sangat disayangkan! Terutama untuk X300, meskipun prosesor Core-2-Duo dan 128 GB SSD tidak bisa menjadi notebook gaming, ThinkPad X300 masih prima untuk Office, editing foto, atau menonton DVD. Apalagi bila sistem operasinya bukan Windows, misalnya Linux.

Oleh sebab itu, ThinkPad tua sekalipun masih memiliki harga jual besar, karena pabrikan China yang mendapatkan divisi PC dari IBM menghargai rencana layanannya secara serius. Baterainya bisa dilepas tanpa alat bantu untuk X300.

Serta pada bagian bawah perangkat diberikan tanda jelas untuk melepas baut, ketika ingin mencabut harddisk atau keyboard. Ada pula catatan untuk modul memory dan unit Wi-Fi. Ketika pabrikan lain memberi informasi servis dan part pengganti hanya pada pihak yang diberi izin, Lenovo secara mengejutkan murah hati pada halaman webnya. Ada begitu banyak dokumen servis yang bisa ditemukan pada website resminya.

Banyak video tutorial dapat ditemui untuk perbaikan. Serta part pengganti dapat dibeli dengan harga terjangkau langsung dari Lenovo. Semua ini membuat penggantian keyboard X300 lebih mudah. Melalui workshop berikut, terdapat prosedur dan peralatan apasaja yang akan Anda butuhkan.
Majalah CHIP di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI