Buku Citra Aditya hanya dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Model Surat Profesional Untuk Perusahaan: Dalam Tiga Bahasa Bisnis : Prancis, Inggris, Indonesia

Model Surat Profesional Untuk Perusahaan

Buku ini berisi tips dan kunci cara membuat surat-menyurat dalam dunia kerja di perusahaan dalam tiga bahasa. Di sini diberikan contoh model berbagai surat yang dapat ditiru dalam berbagai situasi di dalam perusahaan. Contoh yang sangat simple dan general, memudahkan pengguna untuk mengunakannya secara instan dalam situasi yang dibutuhkan dan disesuaikan dengan kebutuhannya.

Buku ini juga memberikan nasihat-nasihat yang sangat berguna untuk menghindari kesalahan dalam tiap transaksi di perusahaan berdasarkan pengalaman penulis yang pernah berkecimpung di dunia tersebut.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Susanti Dominguez
Editor: Retno Widiyani

Penerbit: Citra Aditya
ISBN: 9794149640
Terbit: Mei 2008, 286 Halaman

Ikhtisar

Buku ini berisi tips dan kunci cara membuat surat-menyurat dalam dunia kerja di perusahaan dalam tiga bahasa. Di sini diberikan contoh model berbagai surat yang dapat ditiru dalam berbagai situasi di dalam perusahaan. Contoh yang sangat simple dan general, memudahkan pengguna untuk mengunakannya secara instan dalam situasi yang dibutuhkan dan disesuaikan dengan kebutuhannya.

Buku ini juga memberikan nasihat-nasihat yang sangat berguna untuk menghindari kesalahan dalam tiap transaksi di perusahaan berdasarkan pengalaman penulis yang pernah berkecimpung di dunia tersebut.

Pendahuluan / Prolog

Pengantar
Membuat surat dalam bahasa asing berbeda dengan membuat surat dalam bahasa Indonesia. Perbedaannya adalah dalam hal kosakata, susunan, kata sapaan awal, kata-kata kesopanan sebagai penutup, dan cara penyampaian yang didasarkan pada kebudayaan negara masingmasing.

Surat yang kita buat akan mencerminkan kualitas pekerjaan dan citra perusahaan. Oleh sebab itu, diperlukan teknik dan pengetahuan dalam penyusunannya. Bagaimanakah membuat surat profesional dengan bahasa jelas, menyenangkan, dan tepat pada sasaran?

Tidak sedikit orang mahir berbahasa Indonesia, tetapi tidak piawai menyusun surat profesional dengan bahasa jelas, padat, dan sopan, meskipun bahasa Indonesia merupakan bahasa ibu bagi mereka. Apalagi menyusun surat dalam bahasa Prancis dan Inggris, di mana kedua bahasa tersebut bukanlah bahasa ibu.

Kata-kata kesopanan untuk menutup surat dalam bahasa Prancis lebih panjang dan wajib dicantumkan pada akhir setiap surat resmi sementara dalam bahasa Inggris dan Indonesia tidak wajib dan bentuknya sangat singkat.

Belumlah cukup hanya belajar bahasa di bangku kuliah atau kursus. Di sana kita hanya belajar bahasa kesusastraan dan penekanan pembelajarnya biasanya lebih pada penguasaan teori konjugasi, tata bahasa, dan kosakata, tetapi sangat sedikit (kadang sama sekali tidak) pada penerapan bahasa dalam kehidupan sehari-hari untuk bekal terjun ke dunia kerja. Buku ini menyajikan ulasan praktis dan jitu beserta contoh surat dalam tiga bahasa yang akan mempermudah dalam mempelajarinya. Buku ini dilengkapi juga dengan nasihat hukum dan bisnis di setiap bagiannya, sekaligus memberikan tips hukum dan bisnis dalam berkorespondensi untuk perusahaan. Dalam sekejap Anda dapat menyusun surat profesional, jelas, dan padat dalam tiga bahasa yang paling banyak digunakan dalam dunia bisnis di negara kita ini, yaitu Prancis, Inggris, dan Indonesia. Tips kecil "perlu diketahui" di setiap akhir bagian akan memberikan trik "smart". Selain itu, kosakata pada akhir setiap bab akan memperkaya perbendaharaan kata dalam tiga bahasa tersebut yang memungkinkan Anda mengembangkan sendiri kemampuan dalam menghadapi situasi yang bervariasi dan selalu berubah dalam pekerjaan.

Buku ini sangat bermanfaat bagi para pemilik perusahaan dan pelaku bisnis mengingat di dalamnya dipaparkan nasihat hukum dan bisnis serta aturan dalam kegiatan surat-menyurat perusahaan. Disarankan juga untuk para manajer, asisten pribadi, sekretaris, praktisi ekspor-impor, purchaser, marketer, akuntan karena kemampuan berkorespondensi dalam tiga bahasa adalah point yang dicari para bos dewasa ini agar mampu bersaing dalam era globalisasi dagang. Buku ini juga membantu para expatriat yang ingin belajar berkorespondensi dalam bahasa Indonesia dan sekaligus Prancis bagi expatriat yang tidak berbicara bahasa Prancis. Bagi yang baru lulus kuliah atau yang ingin mencari pekerjaan baru yang lebih baik, diberikan pedoman dan contoh bagaimana menyusun CV dan surat lamaran dalam tiga bahasa. Dewasa ini banyak perusahaan asing yang meminta pelamar mengirimkan surat lamaran dan CV dalam bahasa Inggris atau Prancis. Orang yang membuat dua surat ini dengan teknik yang bagus dan jelas akan meningkatkan kesempatan mereka mendapatkan interview kerja untuk posisi yang dilamar.

Jadi, jika Anda harus membuat surat teknik atau surat profesional lainnya, dengan menggunakan aturan hukum dan bisnis, saya rekomendasikan untuk menggunakan contoh-contoh model surat di buku ini yang akan membantu Anda meraih goal yang diinginkan.

Akhirnya, saya ucapkan selamat membaca dan jangan ragu untuk memberikan catatan dan kritik yang akan membantu saya memperkaya karya ini.

Susanti Dominguez

Penulis

Susanti Dominguez - Sarjana lingustik bahasa Prancis Unpad. Setahun formasi linguistik bahasa Prancis di Asofac, Orlèans, Prancis. Menetap di Perancis sejak 2005. Menjalani usaha bersama suami di bidang Design graphic dan internet dengan nama Adgraph selama 5 tahun di Prancis. Sekarang membantu suami menjalani usaha Sale Buy dot com di Prancis. Pernah berkarir sebagai Sekretaris Direktur, Export Marketing, dan General Purchaser di perusahaan-perusahaan besar, antara lain, PT Jaka Nusa Rekayasa, PT Tunggal Maju Asli, dan PT Sharp Electronic Indonesia. Tulisannya pernah dimuat di beberapa majalah di Indonesia: Sabili, Hi Asia. Bukunya yang telah terbit: Model Surat Profesional untuk Perusahaan dengan Nasihat Bisnis dan Hukum dalam 3 Bahasa/Models of Professionals Letters for Company with Business and Legal Advice in Three Business Language: French, English, Indonesian, diterbitkan oleh Penerbit Aditya Citra Bakti, Bandung; Teknik Bertelepon dalam 3 Bahasa/Telephoning Techniques in Three Languages (French, English and Indonesian) diterbitkan oleh Penerbit Salemba, Jakarta; 73 Ways to be a Brilliant Learners diterbitkan oleh Penerbit Bumi Aksara, Jakarta; Sekolah Mencari Suami (psychology books) diterbitkan oleh Penerbit Bumi Aksara, Jakarta, Dongeng Anak dari Mancanegara diterbitkan oleh Penerbit Kanaya Press, Jakarta.

Daftar Isi

Daftar Isi
Kata Pengantar (Introduction-Prancis)
Kata Pengantar (Introduction-Inggris)
Kata Pengantar (Indonesia)
Bab I Tata Cara Membuat Surat
     A. Tampilan Surat (Presentation D'Une Letter/Presentation Of Letter)
     B. Teknik Penyusunan Surat (Techniques De Redaction/Drafting Techniques)
     C. Sapaan Kesopanan (Formulas De Politesse/Complimentary Closes)
     D. Faks
     E. Electronic Mail (E-Mail)
Bab II Human Resource Department
     A. Surat Lamaran Pekerjaan
     B. Curriculum Vitae (Daftar Riwayat Hidup)
     C. Surat Panggilan Interview
     D. Surat Penerimaan Kerja
     E. Surat Pengunduran Diri
     F. Surat Penolakan Pengunduran Diri
     G. Surat Pemecatan (Licenciement/Dissmisal)
     H. Surat Pengalaman Kerja Sementara
     I. Surat Pengalaman Kerja
     J. Kosa Kata HRD (Vocabulaire/Vocabulary)
Bab III Hubungan Sosial dan Profesional di Perusahaan
     A. Surat Undangan Meeting
     B. Surat Pembatalan Meeting
     C. Surat Undangan Kunjungan
     D. Surat Undangan
     E. Jawaban Positif Terhadap Surat Undangan
     F. Jawaban Negatif Terhadap Surat Undangan
     G. Surat Ucapan Selamat
     H. Greeting
     I. Surat Ucapan Bela Sungkawa
     J. Kosakata Hubungan Sosial dan Profesional di Perusahaan (Vocabulaire/Vocabulary)
Bab IV Perjalanan Bisnis
     A. Surat Pesanan Tiket Pesawat
     B. Konfirmasi Penerbangan
     C. Surat Pemesanan Hotel dengan Ruang Konferensi
     D. Surat Konfirmasi Pemesanan Hotel
     E. Surat Jawaban Terhadap Pesanan Kamar Hotel
     F. Kosakata Perjalanan Bisnis (Vocabulaire/Vocabulary)
Bab V Marketing dan Purchasing
     A. Surat Pengiriman Katalog
     B. Pengiriman Dokumen Tentang Produk
     C. Surat Penawaran Harga
     D. Surat Pesanan
     E. Surat Penerimaan Permintaan
     F. Surat Informasi Pengiriman Sales
     G. Surat Pemberitahuan Pindah Alamat
     H. Kosakata Marketing dan Purchasing (Vocabulaire/Vocabulary)
Bab VI Pengiriman dan Transportasi
     A. Surat Teguran Keterlambatan Pengiriman
     B. Surat Informasi Keterlambatan Pengiriman Barang
     C. Surat Pernyataan Penerimaan Barang
     D. Surat Teguran Penggantian Kiriman Barang yang Rusak
     E. Surat Informasi Kondisi Pengepakan dan Pengiriman
     F. Kosakata Pengiriman dan Transportasi (Vocabulaire/Vocabulary)
Bab VII Ekspor-Impor
     A. Surat Permintaan Informasi Pengiriman Antarnegara
     B. Surat Konfirmasi Kondisi Pengiriman
     C. Permintaan Pengiriman Barang
     D. Permintaan Penawaran  Shipment
     E. Menjawab Permintaan Penawaran Pengiriman
     F. Permintaan Pembukaan Kredit Pembayaran
     G. Surat Informasi Barang Terkirim
     H. Pengiriman Document Againt Payment
     I. Kosakata Ekspor-Impor (Vocabulaire/Vocabulary)
Bab VIII Faktur dan Pembayaran
     A. Surat Tagihan Pertama Mengenai Keterlambatan Pembayaran
     B. Surat Tagihan Kedua
     C. Pengiriman Faktur
     D. Surat Klarifikasi Faktur yang Sudah Dibayar
     E. Surat Pernyataan Penerimaan Pembayaran
     F. Kondisi Pembayaran
     G. Kosakata Faktur dan Pembayaran (Vocabulaire/Vocabulary)
Daftar Pustaka

Kutipan

Bab I Hal. 8
Sapaan kesopanan adalah kata-kata yang digunakan untuk bersopan santun dalam surat. Setiap negara atau bahasa mempunyai kebiasaan yang berbeda satu dengan lainnya sehingga maksud yang sama dapat diungkapkan dengan cara yang berbeda.

Bab II Hal. 45
Surat penerimaan kerja adalah surat pemberitahuan penerimaan kerja yang memungkinkan perusahaan mengonfirmasikan kepada pelamar untuk mempekerjakannya sebelum tanda tangan kontrak.

Bab V Hal. 162
Istilah menjemput pembeli dengan mengirimkan sales kepada konsumen atau pelanggan adalah sebuah metode marketing yang biasa dilakukan oleh perusahaan. Sebaiknya beri tahukan terlebih dahulu kepada pelanggan sebelum sales Anda berkunjung.