Tampilkan di aplikasi

Minta naik gaji ada kiatnya loh

Majalah Eksekutif - Edisi 462
7 Mei 2018

Majalah Eksekutif - Edisi 462

Bila dirasa perlu, minta waktu untuk memikirkannya.

Eksekutif
Prestasi kerja terbilang lumayan baik, target juga sudah tercapai. Terlebih lagi perusahaan turut menikmati keuntungan. Wajar dong jika gaji naik. Apalagi jika karyawan telah lama bekerja dan belum juga merasakan manisnya kenaikan gaji itu. Apalagi kebutuhan harian kian melambung, bak bola sepak yang ditendang pemain PSSI.

Yang menjadi pemikiran, bagaimana cara minta naik gaji yang efektif. Memang impian bagi semua karyawan untuk naik gaji. Bagus tidaknya remunerasi memberikan kepuasan tersendiri bagi pekerja terhadap hasil kerjanya. Jadi, apa yang diperolehnya itu tidak lain penghargaan atas kerja keras yang telah dilakukan.

Tapi minta kenaikan gaji bukanlah perkara enteng. Selain sungkan mengutarakannya, banyak orang, mungkin termasuk Anda sendiri, merasa tidak tahu bagaimana cara terbaik untuk minta naik gaji. Takut salah bicara atau salah tingkah kerap jadi momok. Akhirnya memilih menunggu kenaikan gaji tahunan saja; kalau itu ada. Padahal, jika yakin dengan pencapaian Anda, permintaan kenaikan gaji sebenarnya sah-sah saja.

Kalau Anda masih mengalami rasa keragu-raguan atau susah untuk minta naik gaji pada atasan dan bagaimana caranya, berikut beberapa tips:

Kenali diri sendiri. Coba melihat segala aspek dari pekerjaan Anda dan lakukan riset kecil-kecilan untuk mengetahui daya jual Anda – baik di dalam maupun di luar perusahaan. Jangan ragu bertanya kepada rekan kerja maupun kolega yang berkecimpung di bidang yang sama.
Majalah Eksekutif di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI