Tampilkan di aplikasi

Rileks kerja di rumah, kiat atau niat?

Majalah Eksekutif - Edisi 464
9 Juli 2018

Majalah Eksekutif - Edisi 464

Walaupun Anda bekerja di rumah, sebaiknya ciptakan disiplin dalam bekerja untuk diri sendiri.

Eksekutif
Pribadi yang sukses, ternyata piawai dalam menyiasati dan mengoptimalkan waktunya di kala sempit. Maklum saja, dewasa ini tuntutan perusahaan terhadap karyawan untuk bekerja sangat tinggi. Banyak sekali perusahaan menginginkan karyawannya dapat menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Masalahnya, meski karyawan sudah lembur, pekerjaan belum saja tuntas. Walhasil, pekerjaan tersebut harus diselesaikan di rumah.

Fenomena semacam itu sudah tak asing lagi di kalangan profesional muda. Sepertinya, waktu sangatlah kurang buat mereka. Sebab itu, untuk menyelesaikan pekerjaan, rumah pun dijadikan alternatif. Namun tahukah Anda, jika memboyong pekerjaan kantor ke rumah, sesungguhnya harus memiliki kiat atau niat tersendiri? Informasi. Inilah langkah awal paling tepat yang harus Anda lakukan ketika sampai di rumah.

Beri tahukan kepada seluruh anggota rumah bahwa Anda membawa berkas-berkas pekerjaan kantor ke rumah, agar mereka tak menyentuh, mengganggu dokumen, dan berkas pekerjaan itu. Paling tidak, mereka maklum jika rumah dijadikan “kantor sementara”. Perangkat teknologi. Memiliki perangkat teknologi, dewasa ini sudah menjadi kewajiban yang harus Anda penuhi untuk bekerja di rumah.

Bagaimana mungkin, jika bidang pekerjaan Anda berhubungan dengan komputer, namun tak memiliki perangkat ini? Apalagi komputer Anda tidak dilengkapi dengan modem untuk mengirim pekerjaan melalui email di saat Anda sakit dan bekerja di rumah. Semakin runyamlah Anda. Tempat aman. Letakkan berkas pekerjaan Anda di tempat yang aman.

Meski bukan suatu hal yang mutlak, di rumah minimal sebaiknya Anda sediakan sebuah meja dan kursi sebagai fasilitas kerja. Jika Anda tidak memiliki meja khusus untuk bekerja di rumah, bisa juga menggunakan meja makan atau tamu, misalnya. Namun, pastikan tempat tersebut tidak digunakan oleh orang lain, ketika Anda ingin bekerja.
Majalah Eksekutif di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI