Tampilkan di aplikasi

3 Rahasia cina keturunan

Majalah Eksekutif - Edisi 466
6 September 2018

Majalah Eksekutif - Edisi 466

Kenapa bisa begitu? Ternyata bukan karena si Cina main curang atau guna-guna Pak Haji. Ternyata itu karena si Cina, walaupun sudah untung, uangnya disimpan dan ditabung saja, untuk mengembangkan bisnisnya lagi.

Eksekutif
Ini adalah fakta dan karakter yang terjadi hingga kini. Cina keturunan bisa lebih maju dari bangsa lain, semisal dari asal India, orang Arab, orang Jerman, orang Amerika, atau orang Indonesia.

Mereka sudah terbiasa menderita dan tahan banting. Di Jakarta, misalnya, ada keturunan Cina dan pribumi sama-sama membuka toko kain di Senen. Dua tahun berjalan, bisnis si Cina makin maju, sementara toko si Pak Haji yang merupakan pribumi yang berada sebelahnya bangkrut.

Kenapa bisa begitu? Ternyata bukan karena si Cina main curang atau guna-guna Pak Haji. Ternyata itu karena si Cina, walaupun sudah untung, uangnya disimpan dan ditabung saja, untuk mengembangkan bisnisnya lagi. Dia dan istrinya makan telor ceplok saja. Sedangkan Pak Haji, baru untung sedikit sudah makan besar di restoran, karena gengsi sama keluarga nya.

Fenomena di negara Paman Sam saat ini bisa menjadi introspeksi untuk meniru kebaikan dari masyarakat kita yang sangat majemuk dengan beraneka budaya-suku-ras-agama.

1. Untuk urusan uang misalnya, profesional bule, bila gajian langsung ke bar, minum-minum sampai mabuk, beli baju baru, beli hadiah macam-macam untuk istrinya. Dan, sisanya 10% disimpan di bank. Untuk kaum Cina (keturunan), kalau gajian langsung disimpan di bank, kadang-kadang di investasikan lagi di bank, misalnya dengan membeli saham, atau dibungakan dan mencicil properti.

Kadang, baju dipakai itu-itu saja sampai butut. Uang yang disimpan ke bank bisa sampai 75%-80% dari gaji. Orang-orang Melayu, bila gajian biasanya menikmati kerja kerasnya dengan makan-makan agak mewah sedikit. Membeli baju, paling senang bila on-sale (lagi diskon). Demikian juga, beli barangbarang kebutuhan istri, sisanya kira-kira tinggal 15-20% terus disimpan di bank.
Majalah Eksekutif di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI