Tampilkan di aplikasi

PR bukan sekedar mengundang wartawan

Majalah Eksekutif - Edisi 467
5 Oktober 2018

Majalah Eksekutif - Edisi 467

Mari kita mulai dari dari satu bidang yang umum kita jumpai yakni External Communications (EC).

Eksekutif
Mari kita mulai dari dari satu bidang yang umum kita jumpai yakni External Communications (EC). Sesuai dengan julukannya, salah satu tugas utama EC adalah membina dan mengelola publikasi di media massa agar reputasi perusahaan dapat semakin meningkat. Dengan lingkup pekerjaan yang kental bersentuhan dengan dunia jurnalistik itu, maka peran EC khususnya dalam mengelola media relations dirasa sangat penting.

Karenanya para punggawa EC terbiasa dengan beragam kegiatan yang berkaitan dengan tugas-tugas jurnalistik. Seperti konferensi pers, mempersiapkan wawancara dengan nara sumber perusahaan, mengkliping berita-berita, membuat press release, memantau conversation di sosial media dan lainnya.

Selain kemampuan teknis, praktisi EC juga dituntut untuk mengembangkan soft skill, yang berguna dalam menjaring dan membangun relasi dengan banyak media atau jurnalis secara langsung (one on one). Jika kemampuan teknis dapat dipelajari, tidak demikian dengan soft skill.

Pasalnya, tak jarang, awak PR khususnya EC harus menyediakan waktu lebih di luar jam kerja kantor hanya untuk menemani atau menjamu rekan-rekan jurnalis di sebuah café atau tempat hiburan hingga larut malam.
Majalah Eksekutif di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI