Tampilkan di aplikasi

10 penghambat karier

Majalah Eksekutif - Edisi 472
2 September 2019

Majalah Eksekutif - Edisi 472

Jarang sekali orang sadar dan mengenali tindakannya bahwa yang diperbuatnya itu merupakan jalan menuju penghambat karier. Berikut ini beberapa hal yang dapat mengganjal dan menghambat karier Anda.

Eksekutif
1. Mengeluh. Hampir setiap orang, tentunya memiliki masalah. Namun ingat, sebaiknya Anda tidak sering mengeluh dalam menghadapi masalah. Mengeluh sih, sah-sah saja, asalkan masuk akal. Orang-orang yang sering mengeluh atau pesimis adalah mereka yang tidak dapat menyelesaikan masalahnya sendiri.

Entah mengeluh pekerjaannya yang menumpuk, bos yang menyebalkan, atau fasilitas kantor yang kurang. Hati-hati, lo! Semakin sering Anda mengeluh, hal itu akan berdampak buruk pada kinerja Anda. Akibatnya, ini sangat membuka peluang adanya penilaian buruk terhadap diri Anda. Jadi, bagaimana mau mendapatkan kesempatan dan tantangan baru di kantor, jika sering mengeluh?

2. Standar kerja. Jika Anda menyelesaikan pekerjaan sekadarnya, tentunya tidak lagi membutuhkan tantangan. Akibatnya, semua pekerjaan yang dilakukan hanya untuk memenuhi standar bekerja. Meskipun bos tidak menegur, Anda tak pernah berusaha untuk lebih baik lagi. Anda tak pernah memiliki motivasi menjadi yang terbaik di kantor. Cobalah untuk mengubah gaya Anda bekerja yang asal selesai. Kalau kejadiannya begini terus, enggak salah jika karier Anda mentok.

3. Selalu menolak pekerjaan. Jika terlalu sering menolak tugas baru, tentunya Anda akan dicap sebagai orang yang tak ingin maju. Sebab itu, Anda tidak termasuk di daftar promosi jabatan jenjang berikutnya. Ingat, tugas baru identik dengan tantangan baru. Seandainya Anda dapat menyelesaikan tantangan dan tugas baru dengan baik, semakin bersinarlah bintang karier Anda. Jadi, tak ada salahnya Anda menerima tantangan baru dengan sikap yang optimis dan positif.

4. Menjauhi atasan. Sebagai seorang profesional, jangan pernah membuat jarak dengan atasan. Bahkan, jangan menjauhinya hanya untuk menghindari tugas berat dari sang bos.
Majalah Eksekutif di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI