Tampilkan di aplikasi

Menuju negara bahagia memerlukan kata baru

Majalah Eksekutif - Edisi 473
4 November 2019

Majalah Eksekutif - Edisi 473

Kata ini menjadi istimewa karena menggambarkan berubahnya paradigma pembangunan.

Eksekutif
Kata itu dalam bahasa Inggris disebut bentuk kata benda, kata sifat Hyggae. Ia bisa berataupun kata kerja. Dapat pula kata itu diperluas merujuk pada suasana tempat yang disebut Hyggaelige (Hyggae-like). Tak ada kata padanan yang tepat untuk arti kata itu dalam bahasa Inggris. Kurang lebih, kata itu menggambarkan kebersamaan dan kebahagian di ruang publik. Semacam kehangatan antar warga negara. Atau kenikmatan berteman, berkomunitas, berkumpul bersama.

Atau pergaulan sehari-hari yang menyenangkan. Sejenis keindahan relasi sosial, social flow. Bukan kebetulan jika kata ini memang berasal dari negara Denmark dan Norwegia. Kata Hyggae cukup berakar panjang di sana. Yang menarik adalah asal usul kata itu sehingga kini diadopsi oleh kamus besar Oxfrord. Setiap tahun, Denmark dan Negara Skandinavia memperoleh rangking tertinggi sebagai negara paling bahagia.

Tak nanggung, ini ranking yang dibuat oleh lembaga PBB sendiri, dengan melibatkan banyak ahli interdisiplin. Salah satup penyebab karena di Denmark tumbuhnya keakraban, social trust, warga negara yang intens. Mereka menyebutnya dalam satu kata: Hyggae. Tahun 2011, PBB selaku lembaga dunia mencari cara mengukur kemajuan sebuah negara. Kualitas aneka negara di dunia perlu diukur setiap tahun, diperbandingkan dan dilihat kemajuannya.

Tak lain, informasi ini berguna untuk pembelajaran dan evaluasi. Mengukur kemajuan negara semata dari ukuran ekonomi, kesejahteraan ekonomi, seperti GDP, GNP, GDP per kapita, tak lagi memadai. Tugas negara tak hanya membangunan ekonomi, tapi menumbuhkan dan membuat bahagia warga negara. Disusunlah kriteria baru yang disebut World Happiness Index: Indeks kebahagian sebuah negara.

Para ahli berkumpul dari aneka disiplin memastikan apa saja kriteria penting yang harus dinilai. Bagaimana pula cara mengukur yang valid dan reliable aneka variabel itu agar dapat diperbandingkan antar negara.
Majalah Eksekutif di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI