Tampilkan di aplikasi

Mengenal manfaat kulit ikan, bagus untuk kulit hingga jantung

Majalah Eksekutif - Edisi 490
1 Februari 2023

Majalah Eksekutif - Edisi 490

Olahan Kulit Ikan

Eksekutif
Manfaat kulit ikan antara lain bisa jadi sumber protein dan omega-3 yang menyehatkan serta menjaga kecantikan kulit. Jika ingin mengolah kulit ikan, pilih yang memang datang dari perairan bersih dan jauh dari polusi karena kulit ikan bisa menyimpan racun polutan yang berbagai bagi tubuh.

Ikan sudah dikenal bisa memberikan berbagai manfaat untuk tubuh. Namun tahukah Anda bahwa selain dagingnya, kulit ikan ternyata juga menyehatkan? Bahkan, mengonsumsi ikan lengkap dengan kulitnya justru menjamin nutrisinya tidak berkurang selama proses masak.

Tak perlu khawatir akan keamanan mengonsumsi kulit ikan selama sudah dibersihkan. Bahkan, banyak olahan khusus kulit ikan yang lezat seperti salmon skin yang cukup populer.

Manfaat konsumsi kulit ikan
Tidak ada efek samping dari mengonsumsi kulit ikan. Beberapa manfaatnya bagi kesehatan adalah:
1. Tinggi nutrisi Tidak kalah dengan dagingnya, kulit ikan juga mengandung gizi yang cukup lengkap. Berikut ini beberapa di antaranya:
Protein
Asam lemak omega-3
Vitamin D
Vitamin E
Yodium
Selenium
Taurine
2. Sumber protein melimpah
Kulit ikan termasuk sumber protein yang penting untuk membangun jaringan otot di tubuh manusia. Tak hanya itu, protein juga baik untuk kesehatan karena dapat menurunkan risiko masalah kesehatan seperti pertumbuhan terhambat, zat besi rendah, atau pembengkakan.

Jenis protein tertentu seperti histones dan transferrin juga penting untuk sistem kekebalan tubuh. Protein ini bisa ditemukan dengan mudah di lendir kulit ikan.
Majalah Eksekutif di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI