Lima cara mengevaluasi rencana pembelian ADT

Majalah Equipment Indonesia - Edisi Mei-Juni 2019
14 Mei 2019

Majalah Equipment Indonesia - Edisi Mei-Juni 2019

ADT A40G dari ADT yang beroperasi di usaha tambang batubara / Foto : (Dok. EI)

Equipment Indonesia
Articulated dump truck (ADT) adalah alat yang dapat dengan cepat dan efisien mengangkut material dalam volume besar, memiliki kemampuan untuk melintasi medan berat, dan dengan biaya kepemilikan yang lebih rendah. Mesin-mesin ADT yang ada saat ini lebih bertenaga, lebih produktif dan lebih stabil, yang berdampak terhadap siklus angkut yang lebih pendek daripada generasi sebelumnya.

Alat-alat ini juga menawarkan sejumlah keunggulan performa off-road dibandingkan truk-truk dengan rangka rigid di sebagian besar aplikasi pertambangan dan quarry, menurut Aaron Kleingartner, manajer pemasaran Doosan Infracore Amerika Utara. Karena desainnya yang articulated, mesin-mesin ADT mampu menahan bahkan tahap-tahap awal persiapan dan penggalian lokasi tambang Alat-alat ini biasanya dioperasikan di daerah-daerah di mana tidak ada jalan atau jalur yang tidak terawat.

Secara umum, ADT paling disukai dan menguntungkan untuk memindahkan material dari jarak sejauh 3 km, dengan volume sebesar 27 meter kubik, dengan kondisi tanah yang lunak, licin atau berbukit. Karena kemampuan ADT berbeda dari alat angkut heavy duty lainnya, penting untuk diperhatikan agar model-modelnya kompatibel dengan pekerjaan-pekerjaan spesifik yang sedang dilakukan.mengidentifikasi pekerjaanpekerjaan tambang yang hendak dilakukan dengan menggunakan ADT, dan kemudian menentukan desain ADT apa yang terbaik untuk pekerjaan itu.

Jika pekerjaannya rutin dan teratur, para pemilik tambang kemungkinan besar akan membeli ADT sendiri,” kata Kleingartner. “Kalau pekerjaan itu dilakukan hanya secara berkala, mungkin lebih menguntungkan untuk menggunakan alatalat sewa sesuai kebutuhan.

Majalah Equipment Indonesia dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI