JCB memecahkan rekor dunia untuk traktor tercepat

Majalah Equipment Indonesia - Edisi Juli-Aug 2019
15 Juli 2019

Majalah Equipment Indonesia - Edisi Juli-Aug 2019

Traktor pertanian yang biasanya berjalan lamban di area pertanian maupun di jalan raya, tetapi traktor yang satu ini justru bisa melesat dengan kecepatan mencapai 100 mph.

Equipment Indonesia
Sungguh menakjubkan apa yang bisa dilakukan teknologi. Traktor pertanian yang biasanya berjalan lamban di area pertanian maupun di jalan raya, tetapi traktor yang satu ini justru bisa melesat dengan kecepatan mencapai 100 mph. JCB Fastrac 8000 baru saja memecahkan rekor traktor tercepat di dunia, dengan kecepatan tertinggi 103,6 mph. Rekor itu dipecahkan di lapangan terbang Inggris oleh pembalap motor dan pembawa acara televisi “Top Gear” Guy Martin. Martin memecahkan rekor sebelumnya 87,27 mph.

JCB mendapat bantuan dari Williams Advanced Engineering yang memberikan peningkatan aerodinamika untuk desain eksterior traktor ini. Williams membuat beberapa perubahan aerodinamis pada traktor yang mirip gudang ini, dan membantu menurunkan berat. Beberapa langkah pengurangan bobot termasuk memasang Fastrac 8000 dengan tangki bahan bakar kecil, dan menggunakan sasis dari model Fastrac seri 4000 yang lebih ringan. Rekor dunia ditetapkan 28 tahun sejak traktor Fastrac pertama keluar dari jalur perakitan, kata perusahaan itu.

“Kami telah lama memendam mimpi untuk mencoba rekor kecepatan dengan Fastrac dan seluruh tim telah bekerja tanpa lelah untuk mencapai hasil yang luar biasa ini,” kata JCB Chairman, Anthony Bamford. “Saya sangat bangga dengan apa yang telah mereka capai dalam waktu yang singkat. Proyek ini merupakan hasil rekayasa Inggris yang terbaik dan benarbenar memperlihatkan keterampilan dan inovasi yang dimiliki tim teknik kami.

Mereka telah melakukan pekerjaan yang benar-benar fantastis.” JCB mengatakan para insinyurnya telah mengerjakan Fastrac sebagai proyek rahasia selama beberapa bulan terakhir. Traktor ini dilengkapi dengan mesin JCB DieselMax 7,2 liter, 6 silinder. Engine ini menghasilkan 1.000 tenaga kuda dan torsi sekitar 1.800 lb-ft.

Majalah Equipment Indonesia dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI